Wukuf di Arafah, Menag: Pemerintah selalu serius menyelenggarakan haji dengan sebaik-baiknya: Okezone Haji

Uncategorized26 Dilihat

UTUH peziarah Haji pada hari ini, 9 Dzul Hijjah 1445 H atau 15 Juni 2024 M, puncak ibadah berlangsung wukuf di Arafah. Pejabat Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggelar prosesi wukuf di Tenda Misi Haji Indonesia.

menteri agama (menteri agama) Yaqut Cholil Qoumas yang juga Amirul Hajj Indonesia turut memberikan sambutan wukuf di Arafah 2024. Lalu ada khutbah wukuf Arafah 2024 oleh Habib Ali Hasan Al Bahar Lc MA.

Kemudian imam salat zuhur dan ashar dengan tadami qashar adalah KH Agus Ma’arif Lc MA. Pembacaan doa dipimpin oleh Habib Ibrahim Lutfi bin Ahmad Al Attas.

Berikut isi lengkap pidato Wukufu di Arafah 2024 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang juga Amirul Hajj Indonesia seperti dilansir Kementerian Agama RI:

Sambutan Amirul Hajj pada acara Wukuf 1445 H/2024 M

Arafah, 9 Dzulhijjah 1445 H/15. Juni 2024 H

Bismillahir Rahmanir Rahim.

salam

Yang terhormat Ketua Komisi VIII DPR RI

Yang terhormat Ketua Komite III DPD RI

Yang terhormat Naib Amirul Haj dan anggota Amirul Haj

Yang terhormat Ketua BPK RI

Yang terhormat Bos BPKH

Yang saya hormati para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama RI

Yang terhormat pengawas ibadah haji

Ulama, Kiai, dan Habaib yang saya hormati

Yang saya banggakan adalah seluruh PPIH 1445H/2024M dan seluruh jamaah haji se-Indonesia yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala karena atas rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita dapat menunaikan Wukuf Arafah Tahun 1445 H/2024 M.

Marilah kita panjatkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassallam, keluarga, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Brother dan sister terkasih,

Sebagai negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia, jumlah jemaah haji asal Indonesia merupakan yang terbesar di Tanah Suci. Alhamdulillah, sesuai keputusan Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi, pada tahun ini kuota jemaah haji Indonesia ditingkatkan dari kuota semula 221.000 ditambah kuota tambahan 20.000, menjadi total 241.000 jemaah. . .

Baca Juga  Pertemuan SBY dengan Jokowi di Istana Bogor berlangsung satu jam: National Okezone

Untuk itu, pemerintah Republik Indonesia senantiasa berupaya keras untuk menyelenggarakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

Dengan keterlibatan berbagai kementerian dan lembaga terkait di Indonesia dan Arab Saudi, pemerintah terus meningkatkan kualitas ibadah haji.

Di sisi lain, penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi tentunya memiliki kebijakan-kebijakan yang harus kita hormati, terutama kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi jamaah haji. Komitmen, koordinasi dan kerja sama yang sinergis menjadi kunci kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

Penyelenggaraan ibadah haji selalu dievaluasi setiap tahunnya dengan hasil berupa perbaikan yang konsisten dan tepat sasaran terkait aspek tata kelola, keuangan, kualitas pelayanan, akuntabilitas dan tanggung jawab.

Penyelenggaraan ibadah haji juga diawasi secara berlapis oleh lembaga pengawas pemerintah seperti Inspektorat Jenderal, BPK dan KPK, serta pengawasan langsung DPR RI dan DPD RI.

Sesuai dengan maqashidus syari’ah, penyelenggaraan ibadah haji dilandasi oleh semangat menciptakan kemaslahatan bagi jamaah haji Indonesia khususnya jamaah lanjut usia dan cacat, sesuai dengan tema ibadah haji lansia.

Maka sebagai wujud tanggung jawab pemerintah Indonesia, maka penyelenggaraan ibadah haji disesuaikan dengan kaidah dar’ul mafasid muqoddam ala jalbil mashalih, dimana menghindari keburukan atau keburukan harus diutamakan daripada memperoleh kebaikan.

Setiap ibadah dan rangkaian ibadah haji ditentukan dengan mempertimbangkan kaidah di atas dan mendengarkan pendapat para ulama Indonesia untuk memastikan seluruh tahapannya sesuai dengan syariat Islam.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Beberapa hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja ibadah haji, antara lain:

A. Imigrasi dipercepat (expedited imigrasi) bagi jemaah haji dilakukan di tiga boarding utama yaitu Jakarta, Solo dan Surabaya sehingga waktu antrian di bandara Saudi tidak lama;

Baca Juga  Bahlil Akui Hilirisasi Tak 100% Adil: Perekonomian Okezone

B. Pembinaan ibadah haji dilakukan secara intensif dan beragam dengan berbagai pola seperti ibadah sepanjang tahun, salam berjamaah, metode online dan offline, serta media ritual yang menarik dan kekinian;

C. Katering jamaah haji dengan cita rasa nusantara. Menggunakan bumbu masak dan juru masak asli Indonesia. Selain melestarikan cita rasa khas kuliner khas Indonesia, juga berdampak pada peningkatan ekspor Indonesia ke luar negeri dan membangun ekosistem perekonomian haji yang menjanjikan;

D. Perubahan Batik Jamaah Haji. Selain memiliki nilai estetika yang baik, perubahan model batik jamaah haji memiliki makna tersendiri.

e. Pelayanan terhadap jemaah lanjut usia dan difabel yang berjumlah kurang lebih 45.000 jemaah pada tahun 2024, dengan pelayanan khusus yang terus ditingkatkan.

Brother dan sister terkasih,

Segala upaya peningkatan kualitas ibadah haji dilakukan agar jemaah haji Indonesia bisa beribadah dengan maksimal. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas komitmen dan kerja keras petugas haji yang tak kenal lelah melayani jamaah haji Indonesia.

Kami menyadari bahwa proses peningkatan kualitas bukanlah upaya sesaat, namun harus dilakukan secara terus menerus. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon perhatian seluruhnya untuk secara bersama-sama meningkatkan komitmen terhadap upaya peningkatan penyelenggaraan ibadah haji yang berkelanjutan.

Di hari yang sangat mulia ini, di tempat ini dan di waktu Ijabah ini, marilah kita berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, semoga negara dan bangsa Indonesia selalu diberkahi, khususnya jamaah haji Indonesia, semoga hajinya mabrur, kesehatan wal afiyat, sampai mereka kembali ke tanah airnya.

Itu saja dan terima kasih.

Wallahul muwafiq ila aqwamittharieq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *