Waspadai kemacetan parah dalam perjalanan pulang, hindari bepergian pada tanggal ini: Okezone Automotive

Uncategorized23 Dilihat

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengkaji ulang jalur tersebut pulang ke rumah dan survei puncak mudik lebaran 2024. Hal ini dilakukan sebagai informasi kepada masyarakat agar tidak terjebak kemacetan.

Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para ahli dan akademisi di bidang transportasi, melakukan survei potensi pergerakan masyarakat selama Idul Fitri 2024. (Idul Fitri 1445 H).

Berdasarkan hasil survei, gerakan masyarakat nasional berpotensi menjangkau 71,7 persen penduduk Indonesia atau mencapai 193,6 juta jiwa. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan potensi pergerakan masyarakat pada Lebaran 2023 yakni sebanyak 123,8 juta orang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah berupaya mengantisipasi kemacetan lalu lintas seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang mudik. Hal ini dilakukan melalui perjalanan, pola transportasi dan pola lalu lintas.

Kebijakan yang efektif akan diterapkan untuk mengantisipasi peningkatan penumpang yang mengakibatkan kemacetan di persimpangan dan jalan raya. Pemerintah pusat juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, perusahaan milik negara, dan swasta.

“Kami akan mengamankan waktu kepulangan, mengadakan diskon tarif angkutan umum untuk mudik lebih awal, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon jalan tol dan manajemen lalu lintas, terutama di kawasan yang berisiko mengalami kemacetan ekstrem,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya dalam keterangannya. pernyataan resmi.

Hasil survei menunjukkan daerah asal pemudik terbanyak adalah Jawa Timur sebesar 16,2 persen (31,3 juta orang), disusul Jabodetabek sebesar 14,7 persen (28,43 juta orang) dan Jawa Tengah sebesar 13,5 persen (26,11 juta orang). . ).



Ikuti berita Okezone berita Google

Baca Juga  Apakah 14 BUMN yang sakit itu bisa disembuhkan? : Okezone Ekonomi

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Sedangkan untuk wilayah sasaran terbanyak yaitu Jawa Tengah 31,8 persen (61,6 juta orang), Jawa Timur 19,4 persen (37,6 juta orang) dan Jawa Barat 16,6 persen (32,1 juta orang).

Selain itu, animo masyarakat yang paling tinggi terhadap pilihan angkutan lebaran adalah kereta pulang pergi 20,3 persen (39,32 juta), bus 19,4 persen (37,51 juta), mobil 18,3 persen (35,42 juta) dan sepeda motor 16,07% (31,12 juta).

Berdasarkan survei, puncak mudik H-2 atau Senin 8 April 2024 awal libur massal memiliki potensi pergerakan sebanyak 26,6 juta orang (13,7 persen). Sedangkan arus mundur maksimum diperkirakan pada H+3, tepatnya Minggu, 14 April 2024 dengan potensi pergerakan sebanyak 41 juta orang (21,2 persen).

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *