Waspada Cybercrime, Begini Cara Prediksinya : Okezone Economy

Uncategorized149 Dilihat

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) membeberkan cara memprediksi kejahatan siber. Salah satu kejahatan dunia maya terbaru adalah quishing.

Kejahatan ini menggabungkan teknik phishing dengan teknologi Quick Response (QR) untuk pembayaran elektronik dalam upaya mencuri informasi dan data pribadi, keuangan atau kredensial pengguna (ID pengguna, kata sandi, PIN, OTP, dll).



Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengungkapkan, BRI terus memberikan edukasi mengenai langkah-langkah preventif pencegahan cybercrime, termasuk quishing.

“Quishing merupakan tindakan penipuan dan kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian baik bagi bank maupun masyarakat. “Kami berharap melalui edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat, terutama dalam mengenal cara dan praktik quishing,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (27 Januari 2024).

Dengan selalu menjaga kerahasiaan data dan berhati-hati dalam menerima pesan, berbagai bentuk penipuan dapat dihindari. BRI senantiasa mengedukasi dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mewaspadai metode-metode penipuan baru, termasuk quishing.

Ada beberapa metode quishing yang biasa digunakan oleh para penjahat. Misalnya manipulasi kode QR, kode QR dengan link tujuan berupa halaman phishing dan kode QR dengan memasukkan aplikasi jahat (malware injection).

Berikut langkah-langkah menghindari quishing, khususnya yang berkaitan dengan pembayaran elektronik.

1. Verifikasi kode QR

2. Tinjau informasi transaksi

Baca juga: Mengenal QRIS Antar Batas yang bisa Anda temukan di aplikasi M-Smile dari Bank Mega

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Musisi Beramal untuk Palestina Ferry Kurnia: Ini Masalah Kemanusiaan: Samudera Nasional

3. Hindari berbagi informasi sensitif

4. Update aplikasi perbankan

5. Gunakan koneksi internet yang aman

6. Laporkan aktivitas mencurigakan

Selain tips tersebut, Arga tetap menekankan agar pelanggan dapat menghindari hal tersebut dengan tidak bertransaksi di situs yang mencurigakan.

Di sisi lain, pihak perusahaan juga menyarankan agar Anda segera menghubungi Contact BRI di 1500017 jika terjadi aktivitas mencurigakan terkait tabungan Anda, pungkas Arga.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *