Truk ODOL menjadi penyumbang polusi udara terbesar dan merugikan negara Rp 43 triliun: Okezone Economy

Uncategorized99 Dilihat

JAKARTAtruk ODOL (Over Dimension Over Loading) merupakan salah satu truk yang mempunyai biaya sosial paling tinggi.

Fakta bahwa memuat truk-truk tersebut mempunyai biaya sosial yang tinggi disebabkan oleh kerusakan jalan, kecelakaan dan juga polusi udara yang diakibatkannya.

Berdasarkan akun Instagram Direktorat Jenderal Perhubungan Darat @ditjen_hubdarat, truk pasta gigi menjadi penyumbang pencemaran udara terbesar pada Minggu (1/10/2023).

“#MitraDarat, kerugian negara akibat truk ODOL terungkap mencapai Rp 43 triliun dalam satu tahun akibat truk ODOL (Over Dimension Overloading). Biaya sosial yang tinggi ini mencakup kerusakan jalan, kecelakaan, dan polusi udara yang diakibatkannya. “Karena truk-truk tersebut mengkonsumsi bahan bakar yang lebih kotor, khususnya biodiesel, yang merupakan bahan bakar kotor karena kandungan sulfurnya yang tinggi,” demikian kutipan caption postingan Instagram tersebut.

Bahan bakar yang digunakan pada truk ODOL adalah biodiesel dengan kandungan sulfur yang tinggi sehingga mesin pada truk harus bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan emisi meningkat.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Truk ODOL menggunakan mesin besar yang membutuhkan bahan bakar lebih banyak dari yang seharusnya karena beban pada mesin lebih tinggi yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan emisi. Dan ketika mesin besar menggunakan bahan bakar yang kotor, akibatnya udara akan semakin kotor. “Kondisi truk ODOL ini bertanggung jawab atas 20% polusi udara, penyumbang polusi udara terbesar kedua dari lalu lintas sepeda motor,” demikian kutipan caption postingan Instagram tersebut.

Melalui postingan tersebut juga terdapat imbauan kepada masyarakat untuk mengurangi polusi udara agar lebih aman dan nyaman.

“Kita harus menjaga kesehatan dan lingkungan kita, #MitraDarat! Hindari polusi udara, kurangi pelanggaran hingga zero ODOL,” kutip caption dalam unggahan Instagram.

Baca Juga  7 Daftar Akun FF Sultan Masih Aktif Tahun 2024 Gratis : Okezone techno

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *