Ternyata inilah penyebab dan metode investasi bodong yang menyasar perempuan: Ekonomi Okezone

Uncategorized108 Dilihat

MISKIN – Perempuan mempunyai risiko lebih besar menjadi korban penipuan berkedok investasi. Pasalnya, dari analisis Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APDRI), ditemukan beberapa jenis penipuan yang dilakukan para korban yang sebagian besar adalah perempuan.

Pengurus APDRI Mauldy R Makmur mengatakan, banyak laporan dan cerita penipuan investasi, yang menjadi korbannya adalah perempuan dan ibu-ibu. Meski begitu, ia tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki juga bisa menjadi korban investasi bodong dengan janji yang menggiurkan.



“Siapapun korbannya, ternyata perempuan banyak sekali, biasanya pendekatannya dari emosi ya, dari keluarga, atau dari orang dekat. Mereka jadi korban karena ketidaktahuan ya, kurang paham soal keuangan. pasar atau investasi yang bagus.” kata Mauldy usai memberikan sosialisasi investasi pasar modal kepada ibu-ibu di kantor OJK Malang, Kamis malam (29/2/2024).

Meski belum mengetahui angka pastinya, Mauldy mengatakan ada beberapa trik dan cara yang dilakukan investor gadungan untuk menarik kliennya, terutama perempuan. Beberapa di antaranya dibalut dengan mode arisan dan multi level marketing (MLM).

“Packing itu arisan, packing itu jual beli MLM ya, ini cara-cara yang didekati dan pendekatan emosional perempuan mudah diiming-imingi, ini yang belum diketahui data valid secara umum, tapi saya pernah ketemu masyarakat yang mengeluhkan investasi ilegal. , ” jelasnya.

Sementara itu, Manajer MNC Asset Management cabang Surabaya Rezha Pahlevi menjelaskan, MNC Asset sebagai lembaga yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen untuk berperan aktif dan mengedukasi masyarakat, khususnya perempuan. Pihaknya juga menyambut baik diskusi dengan masyarakat yang ingin menginvestasikan uangnya, namun mungkin masih ragu dan takut.

“Kami selalu aktif meluncurkan sosialisasi seperti ini, karena ini sangat penting dan apa yang dimaksud dengan investasi bodong ini merugikan masyarakat,” kata Rezha Pahlevi terpisah.

Baca Juga  Prediksi Skor Timnas Romania vs Ukraina Euro 2024: Sanggupkah Andriy Lunin Cs Turunkan Tricoloria Untuk 3 Poin Perdana? : Okezone Dia

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, pelaku investasi bawah air yang tidak bertanggung jawab dapat membuat masyarakat trauma dan memberikan stigma negatif kepada pelaku investasi yang resmi dan terdaftar secara hukum. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat, termasuk ibu-ibu dan perempuan, berhati-hati dalam memilih penyedia jasa investasi.

“Sangat-sangat merugikan, merugikan masyarakat ini. Masalahnya trauma dan mereka berinvestasi dengan buruk, mereka menjadi takut dan tidak tahu apa-apa, tidak bisa berkembang dalam mengelola dananya,” ujarnya. . dia berkata.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *