Ternyata Ini 5 Makanan yang Bikin Panjang Umur Orang Jepang Bebas Penyakit : Okezone Travel

Uncategorized34 Dilihat

JEPANG Dikenal sebagai negara yang rata-rata penduduknya memiliki angka harapan hidup yang panjang. Apalagi banyak dari mereka yang tinggal di pedesaan.

Menurut Laporan Harapan Hidup 2019, orang Jepang menyandang predikat negara terpopuler dengan angka harapan hidup tertinggi. Secara spesifik, 2,31 juta orang yang mencapai usia 90 tahun.

Jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata panjang umur rata-rata orang Jepang disebabkan oleh gaya hidup mereka. Ya, mereka menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Lantas, makanan apa saja yang bisa membuat orang Jepang berumur panjang? Berikut ulasannya yang dikutip dari situs tersebut Waktu India.

(Foto: Hanya satu buku masak)

1. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna seringkali menjadi protein yang tidak boleh dilewatkan oleh masyarakat Jepang.

Lemak omega-3 pada ikan diketahui membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan mengurangi peradangan.

2. Rumput Laut

Rumput laut diketahui kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, folat, dan magnesium. Konsumsi harian dapat membantu menambahkan serat ke dalam makanan.

Rumput laut

(Foto: Tingkat kesehatan)

Rumput laut juga ternyata mengandung antioksidan yaitu fucoxanthin dan fucoidan yang memiliki sifat antiinflamasi, anti penuaan, dan anti kanker.

3. Ubi jalar ungu

Berasal dari Okinawa, ubi ungu, disebut juga imo dalam bahasa Jepang, sering disantap sebagai camilan atau hidangan penutup. Makanan ini mengandung karbohidrat sehat dan antosianin, yaitu kelompok antioksidan yang mengandung sifat anti penuaan.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Makanan fermentasi

Baca Juga  Virus: Sekelompok anak muda memutuskan untuk mengunjungi restoran online favoritnya, dikejutkan dengan kenyataan: Okezone Lifestyle

Dalam menu diet orang Jepang, terdapat berbagai masakan yang mengandung makanan fermentasi. Probiotik, bakteri atau ragi hidup dalam makanan fermentasi, dapat membantu menyeimbangkan kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kedelai yang difermentasi (seperti miso, tahu, dan tempe) memiliki kemungkinan 10 persen lebih kecil untuk meninggal sebelum waktunya dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi makanan tersebut.

lobak daikon

(Foto:Shopee)

5. Lobak daikon

Lobak merupakan sayuran umbi-umbian yang cukup populer dalam masakan Jepang. Lobak daikon jenis ini dikenal dapat membantu mencegah masuk angin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *