Temui Tanta Panggelaran, buku peninggalan Majapahit yang mengisahkan kehidupan beragama dan bernegara: National Okezone

Uncategorized33 Dilihat

KITAB TANTU Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui tentang pertunjukan dari Kerajaan Majapahit. Buku ini bercerita tentang seperti apa kehidupan keagamaan dan tempat ibadah pada masa Majapahit.

Kitab Tantu Panggelaran melengkapi dua kitab lain pada masa Kerajaan Majapahit yaitu Kakawin Nagarakretagama dan Pararaton yang memberikan informasi penting tentang seluk beluk kehidupan sosial di Kerajaan Majapahit pada masa itu.

Tantu Panggelaran konon berasal dari zaman Majapahit akhir. Dilihat dari gaya bahasanya, sekarang agak mirip dengan bahasa Jawa. Namun sayangnya buku tersebut tidak menyebutkan siapa penulisnya.

Konon isi kitab Tantu Panggelaran sendiri disusun dalam bentuk prosa yang disebut Pararaton. Dalam bukunya seperti dikutip dari “Tafsir Sejarah Nagarakretagama” Prof. Slamet Muljana, isinya bercerita tentang kehidupan bernegara seperti Nagarakretagama dan Pararaton.

Sebab isinya mengedepankan kehidupan keagamaan pada masa Kerajaan Majapahit, khususnya tentang cerita mitologi, cerita luar dan dalam negeri. Teks ini juga merujuk pada nama-nama berbagai tempat ibadah dan bangunan suci serta pertapa di wilayah Jawa Timur pada masa Kerajaan Majapahit.

Data-data sejarah yang disajikan bukan merupakan bahan penting yang turut menentukan jalannya sejarah negara Majapahit, namun tetap penting untuk mengetahui sesuatu tentang kehidupan beragama.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Godok Cawapres Ganjar, Puan: Nama-nama yang beredar punya peluang yang sama: Okezone Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *