Tarif Pajak PBJT Atas Barang dan Jasa Tertentu Pajak Jasa Seni dan Hiburan 10 persen: Okezone Economy

Uncategorized45 Dilihat

Jakarta, Okezone.com – Pajak Barang dan Jasa (PBJT) Jasa Seni dan Hiburan adalah pajak yang dibayarkan oleh konsumen akhir atas jasa yang menyediakan atau menyelenggarakan segala jenis pertunjukan, pertunjukan, permainan, pemeran pengganti, rekreasi dan/atau hiburan untuk hiburan.

Morris Danny, Kepala Pusat Data dan Informasi Pendapatan Bapenda DKI Jakarta, mengatakan objek Jasa Seni dan Hiburan PBJT adalah penjualan, penyediaan dan/atau konsumsi barang dan jasa tertentu, yang meliputi jasa seni dan hiburan antara lain:

*Menonton film atau pertunjukan audiovisual lainnya yang diproyeksikan secara langsung di lokasi tertentu

*Pertunjukan seni, musik, tari dan/atau fesyen

*Kontes kecantikan

* Persaingan dalam binaraga

* Pameran

* Pertunjukan sirkus, akrobat, dan sulap

* Kompetisi balap kuda dan kendaraan bermotor

*Permainan keterampilan

*Permainan olah raga menggunakan venue/ruangan dan/atau peralatan dan perlengkapan olah raga dan kebugaran

* Wahana air rekreasi, wahana ekologi, wahana edukasi, wahana budaya, wahana salju, permainan, memancing, agrowisata dan kebun binatang

* Salon pijat dan refleksiologi

* Disko, karaoke, klub malam, bar dan pemandian uap/spa.

Penghargaan PBJT Bidang Jasa Seni dan Hiburan

Morris menyatakan tarif PBJT untuk jasa seni dan hiburan ditetapkan sebesar 10% (sepuluh persen). Namun tarif PBJT khusus jasa hiburan di diskotik, karaoke, tempat hiburan malam, bar, dan pemandian uap/spa ditetapkan sebesar 40% (empat puluh persen).

Penetapan tarif baru melalui Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2024 berdasarkan peraturan tersebut di atas yaitu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah yang salah satunya adalah Kewenangan Daerah dalam penetapan tarif PBJT tertentu. jasa hiburan pada kisaran minimal 40 persen dan maksimal 75 persen.

Atas dasar hukum itulah Pemprov DKI Jakarta menetapkan kenaikan lima sektor jasa seni dan hiburan hingga batas bawah 40 persen. “Kalau dilihat dari lima sektor yang dimaksud (disko, karaoke, klub malam, bar, dan pemandian uap/mandi),” jelasnya.

Baca Juga  Liga 1 2023-2024: Borneo FC kokoh di puncak klasemen diminta tetap waspada: Okezone Bola

Sebagai informasi, tarif tersebut khusus untuk objek pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) atas jasa hiburan di diskotik, karaoke, tempat hiburan malam, bar, dan pemandian uap/spa sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 (UU HKPD).

Sedangkan aturan lama dalam UU Nomor 28 Tahun 2009 (UU PDRD) meliputi peragaan busana, kontes kecantikan, diskotik, karaoke, kelab malam, permainan ketangkasan, panti pijat, dan pemandian uap/spa.

Selain jenis barang yang termasuk dalam pajak hiburan khusus dalam PBJT yang tercantum di atas, PERDA 1/2024 menetapkan tarif pajak untuk jasa hiburan lainnya sebesar 10%. Dikurangi dibandingkan tarif pajak hiburan yang terdapat pada PERDA DKI Jakarta sebelumnya.

Misalnya, tarif pajak pertunjukan seni, musik, tari, dan/atau fesyen tingkat internasional yang sebelumnya dikenakan sebesar 15%, kini bagi pecinta hiburan hanya dikenakan pajak sebesar 10%.

Perubahan tarif pajak ini mencerminkan kebijakan pemerintah untuk mengikuti dinamika bisnis dan keuangan terkini. Pemberlakuan tarif umum sebesar 10% menunjukkan upaya untuk menciptakan keseimbangan dalam pengenaan pajak atas berbagai jenis hiburan untuk masyarakat.

Secara khusus, kenaikan tarif hiburan PBJT di diskotik, karaoke, tempat hiburan malam, bar, dan pemandian uap/spa hingga 40% memberikan gambaran kebijakan yang lebih konkrit berdasarkan landasan hukum yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022.

Penting bagi warga DKI Jakarta untuk memahami perubahan ini sebagai upaya pemerintah menciptakan pemerataan dan keberlanjutan perekonomian. Seiring dengan langkah kebijakan tersebut, sektor hiburan diharapkan terus berkembang dan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  I Fashion Festival & The Masterpiece 2023 Resmi Berlangsung, Liliana Tanoesoedibjo: 2023 Tahun Istimewa! : Gaya hidup Okezone

(FDA)

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *