Tanggal berapa tanggal 15 Oktober? Wanita dan pecinta binatang pasti tahu: Okezone Lifestyle

Uncategorized95 Dilihat

KENCAN Tanggal 15 Oktober jatuh pada hari Minggu. Sekilas memang tidak ada yang istimewa, karena memang bukan perayaan besar layaknya hari libur nasional.

Namun, ada beberapa momen di tanggal 15 Oktober yang wajib diketahui oleh para wanita dan pecinta binatang. Pasalnya di hari ini kedua momen tersebut begitu penting dan sayang jika dilewatkan.

Selain itu, peringatan dan perayaan lainnya diadakan pada hari ini. Berikut beberapa peringatan untuk tanggal 15 Oktober 2023.

1. Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Hari ini diselenggarakan karena inisiasi Global Partnership on Handwashing.

Mereka ingin menciptakan hari agar masyarakat mengingat pentingnya mencuci tangan. Hari Cuci Tangan Sedunia juga bertujuan untuk mendorong masyarakat mencuci tangan dengan sabun.

Meski terkesan sederhana, mencuci tangan pakai sabun sangat penting bagi kesehatan. Apalagi dengan kondisi polusi seperti saat ini.

Keberadaannya saat ini didukung oleh pemerintah, lembaga internasional, perusahaan swasta, organisasi masyarakat sipil dan lain-lain.

2. Hari Pelajar Sedunia

Kalau itu Hari Guru, maka itu juga Hari Pelajar Sedunia, dan jatuh pada tanggal 15 Oktober.

Tanggal 15 Oktober dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun mantan Presiden India, mendiang Dr. APJ Abdul Kalam. Hari Pelajar Sedunia diciptakan di India untuk mengakui dampak Kalam pada sektor pendidikan India. APJ Abdul Kalam terlahir sebagai ilmuwan yang mengenyam berbagai jenjang pendidikan.

Kalam mendapat tujuh gelar doktor kehormatan dari 40 universitas, Di memiliki karir cemerlang dan menjadi ilmuwan nuklir paling terkenal di India pada tahun 1990-an. Kalam kemudian menjadi Presiden Republik India ke-11 pada 18 Juli 2002. Kami berharap cerita Kalam dapat menambah semangat siswa untuk serius belajar.

Baca Juga  Lewat Senam Sehat, Relawan Satukan Masyarakat Dukung Ganjara-Mahfud di Pilpres 2024: Okezone News

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Hari Hak Asasi Hewan

Hewan merupakan makhluk hidup yang patut dilindungi dan tidak boleh disalahgunakan. Oleh karena itu lahirlah Hari Hak Hewan yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Ide Hari Hak Hewan muncul ketika Deklarasi Universal Hak Hewan diadopsi pada tanggal 15 Oktober 1978 di kantor pusat UNESCO di Paris. Deklarasi ini memuat gagasan bahwa hak-hak hewan harus dianggap setara dengan hak asasi manusia.

Mengutip dari website Environesia, konsep hak-hak hewan sendiri sempat populer pada tahun 1964 hingga awal tahun 1970-an. Objektifikasi terhadap hewan dianggap memprihatinkan.

4. Hari Internasional Perempuan Pedesaan

Hari Perempuan Pedesaan Internasional diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Hari Perempuan Pedesaan Internasional disetujui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2007.

Hari Perempuan Pedesaan Internasional, mengutip situs Koalisi Perempuan Indonesia, ditujukan agar pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia sekaligus melakukan upaya sistematis.

Hari Perempuan Pedesaan Internasional diresmikan oleh PBB melalui resolusi 62/136 pada tanggal 18 Desember 2007. Resolusi ini menyatakan bahwa negara-negara anggota PBB hendaknya memasukkan tindakan strategis ke dalam rencana strategis pembangunan di tingkat nasional, regional, dan internasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. situasi perempuan pedesaan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *