Sandiaga menyambut wisatawan pertama tahun 2024 dari Australia ke Bali dan menyambut wisatawan melalui video call: Okezone Travel

Uncategorized103 Dilihat

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf menyambut wisatawan asing (turis asing) pertama kali pada tahun 2024 di terminal kedatangan internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno yang mengikuti secara online asal Bintan sempat berbincang dengan beberapa traveler asal Australia yang baru saja tiba di Bali pada Senin 1 Januari 2024.

Melalui koneksi panggilan videoSandiaga mengucapkan terima kasih kepada wisatawan Australia yang telah memilih Bali, Indonesia sebagai destinasi menikmati liburan Tahun Baru.

“Selamat datang di Bali dan terima kasih telah memilih Indonesia untuk menikmati liburan Tahun Baru Anda. “Saya harap Anda menikmati sambutan di bandara dan selamat tahun baru,” kata Sandiaga yang turut menyambut kedatangan penumpang pertama di pelabuhan Bandar Bentan Telani di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

(Foto: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Wisatawan yang datang dari Australia disambut oleh Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura I, MMA Indah Preastuty dan General Manager Bandara PT Angkasa Pura II Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan. Turis asal Australia tersebut tiba di Bali dengan rute Perth-Denpasar dengan menggunakan Air Asia QZ 545 dan membawa 172 penumpang.

“Hari ini kami sangat berbahagia menyambut wisman pertama asal Australia ke Bali. Kami ingin memastikan kelancaran pelayanan bagi wisatawan menjelang Tahun Baru 2024. Kami berharap hal ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi dalam mewujudkan tujuan Bali. pergerakan wisman pada tahun 2024 dari 9,4 juta menjadi 14,3 juta,” kata Sesmenparekraf Ni Wayan Giri dalam keterangannya, mengutip situs Kemenparekraf.

Baca Juga  Jalur Makanan dan Minuman Pereda Diare: Okezone Health

Kegiatan penyambutan berlangsung dengan meriah. Dimulai dengan hitung mundur bersama hingga akhir tahun dan pemberian karangan bunga bagi penumpang yang mendarat di awal tahun. Penumpang juga akan dihibur dengan live music.

Selain acara penyambutan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama PT Angkasa Pura I juga memberikan berbagai bingkisan bagi penumpang perjalanan malam tahun baru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Minggu 31 Desember 2023.

Pertunjukan tari khas Bali dihadirkan untuk menghibur sekaligus melepas penumpang terakhir yang berangkat di tahun 2023. Penerbangan Korean Air nomor KE 634 rute Denpasar-Incheon dengan 274 penumpang yang berangkat pukul 23.45 WITA merupakan penerbangan terakhir di tahun 2023.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam acara silaturahmi dan santai tersebut, Sesmenparekraf Ni Wayan Giri dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty memberikan bingkisan berupa permen dan coklat serta 10 bungkus kain tenun endek Bali kepada lima wisatawan terakhir yang berangkat. Bali pada akhir tahun 2023 dan lima wisatawan pertama yang tiba di Bali pada tahun 2024.

Sementara itu, General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menjelaskan, pada tahun 2023 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan melayani 21.451.411 penumpang.

Jumlah tersebut meningkat 71 persen dibandingkan jumlah penumpang pada tahun 2022 yakni sebanyak 12.522.400 penumpang. Jumlah pesawat yang ditangani juga melonjak 56 persen dari 87.558 pergerakan pada tahun 2022 menjadi 136.503 pesawat pada tahun 2023.

Jumlah penumpang yang check-in sepanjang tahun 2023 sesuai prediksi. Namun pangsa penumpang internasional lebih dominan dibandingkan domestik yaitu 54 persen, kata Hendy.

Baca Juga  Minum Jus Buah yang Disaring Kurang Baik untuk Anak, Ini Penjelasannya : Okezone Health

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut wisatawan pertama tahun 2024 di Bandara Ngurah Rai

(Foto: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Dari total jumlah penumpang pada tahun 2023, terdapat 9.918.236 penumpang domestik dan 11.533.185 penumpang internasional.

“Untuk Januari hingga Desember 2023, jumlah penumpang tertinggi dalam satu bulan terjadi pada Juli dengan tertangani sebanyak 2,1 juta penumpang. Bulan ini merupakan masa libur anak sekolah yang menjadi pendorong kenaikan jumlah penumpang,” ujarnya. .

Ia juga didampingi Sesmenparekraf, Kepala Dinas Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; direktur Politeknik Pariwisata Bali, Ida Bagus Putu Puja; dan Kepala Dinas Destinasi Pariwisata Provinsi Bali, Ida Bagus Adi Laksana.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *