RI Kembangkan Biomassa, Ini Manfaatnya Bagi Perekonomian : Okezone economy

Uncategorized163 Dilihat

JAKARTA – Pengembangan biomassa sebagai rantai pasok energi pembangkit listrik oleh PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) dinilai tidak hanya memberikan penghematan bagi perusahaan, namun justru membuka lapangan kerja baru dan ceruk ekonomi bagi masyarakat.

Direktur Biomassa PLN Energi Primer Indonesia Antonius Aris Sudjatmiko mengatakan, sejak tahun lalu, PLN EPI fokus pengembangan biomassa melalui tiga sektor utama.

Pertama, pengembangan energi hutan. Kedua, pengelolaan sampah kota untuk bahan baku energi. Ketiga, pengolahan limbah pertanian atau limbah pertanian. Ketiga aspek tersebut sebenarnya melibatkan masyarakat sebagai penggerak utama.

“Keterlibatan masyarakat berperan penting dalam pengembangan rantai pasok biomassa. Dulu kita menjadikan masyarakat sebagai objek, sebagai pengguna energi, namun kini mereka menjadi produsen energi, mereka pengelola energi. Itulah mitra utama kami untuk biomassa. ,” kata Aris dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (30 September 2023).

Aris mengatakan PLN EPI mengajak eks kelompok perempuan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) untuk mengelola lahan kritis menjadi lahan produktif di Aceh. Sementara itu, petani karet di Lampung mampu memasok tongkol jagung dan ampas karet untuk dijadikan bahan baku biomassa.

Selain itu, PLN EPI Jawa Barat mengembangkan soda ash dari sisa pengolahan hutan energi. Kemudian di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), stok biomassanya 100 ton per tahun yang mencakup 530 warga yang mengelola sampah dan sisa pertanian untuk energi alternatif.

Berkat upaya tersebut, penggunaan 1 ton biomassa dapat menciptakan lapangan kerja hingga 10 orang, tambah Aris, dilansir Antara.

Ikuti berita Okezone berita Google


Ketua Badan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro menilai pengembangan biomassa atau bioenergi tidak hanya terfokus pada energi itu sendiri, tetapi juga kepentingan yang lebih luas.

Baca Juga  Azizah Salsha pernah bilang, dia bukan mencari suami kaya tapi pekerja keras: Okezone Celebrity

Oleh karena itu, pengembangan biomassa sebagai upaya optimalisasi potensi energi baru terbarukan harus dirasakan oleh semua pihak.

“Jangan bicara bioenergi atau biomassa hanya untuk kepentingan energi saja, tapi kita harus melihat kepentingan yang lebih luas, kepentingan pembangunan, artinya kita harus melihat apakah berdampak pada masyarakat, baik terhadap masyarakat sekitar maupun terhadap lingkungan. komunitas yang lebih luas. masuk akal,” kata Bambang.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *