Profil Saleh Al-Arouri, Wakil Ketua Hamas yang Tewas Dihantam Rudal Israel di Lebanon: Okezone News

Uncategorized197 Dilihat

LIBANON – Perumahan Dahiya terkendali Hizbullah di Beirut, Libanondibom pesawat tak berawak atau drone pada Selasa 3 Januari 2024. Tujuh orang tewas dalam kejadian tersebut, salah satunya Saleh al-Arouri.

Menurut sumber lain, kematian Saleh dan pejabat senior Hamas telah menimbulkan ketakutan dan konflik di seluruh masyarakat Timur Tengah. Hal ini diyakini terkait dengan militer dan reputasinya yang tinggi.





   

Siapakah Saleh al-Arouri dan seperti apa masa mudanya saat bergabung dan memimpin Hamas? Berikut rangkuman profil Saleh al-Arouri.

Saleh al-Arouri adalah pemimpin senior Hamas dan pendiri Brigade Qassam. Ia juga menjabat wakil kepala kantor politik Hamas dan komandan militer di Tepi Barat.

Arouri lahir di Arura di Tepi Barat Ramallah pada 19 Agustus 1966. Ia belajar Syariah Islam di Universitas Hebron dan terpilih sebagai ketua faksi Islam.

Sejak tahun 1987, selama intifada pertama melawan penduduk Israel, Arouri bergabung dengan Hamas. Dia direkrut oleh agen Hamas, Muin Shahib. Shahib mempercayakan pembiayaan infrastruktur militer Hamas di Hebron kepada Arouri.

Pada masa kepemimpinannya di Hamas, ia dikenal sebagai pemimpin yang pragmatis, berbeda dengan politik garis keras kepemimpinan Hamas. Dia adalah tokoh kunci di balik upaya Hamas untuk meningkatkan jaringan di Tepi Barat.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Arouri pernah dipenjara di Israel setelah dicurigai membunuh seorang tentara Israel pada tahun 1990. Enam bulan penjara tidak cukup baginya karena ia ditangkap lagi dan ditahan selama 15 tahun karena peran kepemimpinannya di Hamas.

Baca Juga  Sling S Dibunuh oleh tebasan pedang: Okezone Megapolitan

Setelah 15 tahun di penjara Israel, Arouri bertunangan dengan seorang wanita yang telah menunggunya selama 12 tahun. Setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 2007, ia menikahi tunangannya. Pada tahun 2014, putrinya lahir.

Pada tahun 2011, Arouri menjadi negosiator perjanjian pembebasan lebih dari 1.000 tahanan Palestina. Imbalannya adalah pembebasan tentara Israel Gilad Shalit.

Pada 27 Oktober 2023, tentara Israel menghancurkan rumah Arouri di kota Arura, Tepi Barat, dekat Ramallah. Pada tanggal 2 Januari 2024, dia terbunuh dalam serangan yang diyakini berasal dari Israel.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *