Polisi selidiki kebakaran di Museum Nasional bingung membedakan reruntuhan biasa dan bersejarah: Okezone Megapolitan

Uncategorized119 Dilihat

JAKARTA – Polisi masih mendalami kasus kebakaran Museum Nasional Jakarta Pusat yang terjadi pada Sabtu, 16 September 2023 malam.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan, kelompoknya kesulitan membedakan sisa kebakaran dengan benda bersejarah yang mungkin terbakar.

“Sangat sulit bagi kami untuk membedakan antara puing dan benda bersejarah. “Kami tidak mengerti,” kata Komarudin, Minggu (17 September 2023).

Komarudin mengatakan, saat ini polisi dan laboratorium forensik masih menyelidiki kebakaran tersebut. Selain itu, pihaknya juga memeriksa 14 orang saksi dan kamera di lokasi kebakaran.

“Saat ini interogasi masih berlangsung. Hingga siang hari ini, 14 (saksi) bergantian di sini. Ada (CCTV), sudah diamankan di beberapa tempat. “Yang pasti, setelah panen,” ujarnya.

Dia menegaskan, proses hukum akan dijalani jika ditemukan unsur atau perbuatan pidana dalam kasus kebakaran tersebut. “Kami memastikan proses hukum ditegakkan setiap kali ditemukan potensi kejadian, hal-hal yang justru mengarah pada tindak pidana,” ujarnya.

Sekadar informasi, Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, terbakar pada Sabtu 16 September 2023 malam. Polisi mengatakan api menghanguskan empat kamar.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan pemerintah memastikan perlindungan benda-benda bersejarah di Museum Nasional.

Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Saat ini diketahui api bermula dari belakang Gedung A dan pada pukul 22.40 api sudah padam.

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Saat ini prioritas utama kami adalah upaya menjaga semaksimal mungkin artefak berharga dan benda bersejarah yang ada di museum, kata Nadiem.

Baca Juga  Begini cara menggunakan toner yang benar agar lebih efektif! : Gaya hidup Okezone

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *