Polisi menangkap 5 pengedar dolar palsu, dimulai dengan menemukan seikat uang di sebuah hotel: Okezone Megapolitan

Uncategorized41 Dilihat

JAKARTA – Polisi menggagalkan peredarannya uang palsu di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Jatuhnya peredaran mata uang dolar USD diawali dengan ditemukannya seikat uang di sebuah hotel.

Kapolsek Metro Gambir Kompol Jamalinus Nababan mengatakan, sejak kasus ini terungkap, pihaknya telah menangkap lima tersangka berinisial HTS, (40), SD (42), AW (34), MAW (27) dan BH (51). . ).

BACA JUGA:

Jamalinus mengatakan, terungkapnya kasus pemalsuan uang ini bermula saat seorang pengelola hotel di kawasan Gambir menemukan tas berisi tumpukan uang dolar dari kamar nomor 637 pada 26 Mei 2024.

Mengetahui hal tersebut, pengelola hotel langsung melaporkan penemuannya ke Polsek Metro Gambir. Setelah ditelusuri, uang palsu tersebut diketahui milik seorang tamu berinisial AW yang merupakan warga negara asing (WNA) asal Nigeria. Dolar palsu ditemukan di laci lemari hotel.

“Kami cek keaslian uang dolar tersebut dan ternyata uang tersebut palsu,” kata Jamalinus, Senin (6/3/2024) di Mapolres Jakarta Pusat.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi berhasil menemukan AWH. “Pada hari Senin tanggal 27 Mei, pelaku berinisial AW berada di salah satu apartemen di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemudian kami pindah ke sana dan berhasil mengamankan 3 orang yang berada di apartemen tersebut,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Ketiga pelaku yang ditangkap berinisial AW, BH dan MAW. Usai penangkapan ketiga tersangka, polisi bergerak lebih jauh dan berhasil menangkap dua tersangka lagi yakni HTS dan SD yang keduanya ditangkap di sebuah apartemen kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Polisi menyita sebuah amplop coklat berisi 49 lembar uang dolar hitam, satu kantong plastik hitam berisi uang kertas 127 dolar, dan satu kantong plastik putih berisi 1.364 lembar uang dolar yang diduga palsu dari kedua tangannya.

Baca Juga  Wukuf di Arafah, Menag: Pemerintah selalu serius menyelenggarakan haji dengan sebaik-baiknya: Okezone Haji


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Jamalinus mengungkapkan, jika dolar palsu itu diubah menjadi rupee, nilainya sekitar Rp 300 juta.

Atas perbuatannya, kelima tersangka dijerat pasal 244 KUHP terkait pemalsuan dan peredaran uang palsu dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun, pungkas Jamalinus.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *