PIS menargetkan memiliki 130 kapal tanker pada tahun 2025, beberapa di antaranya merupakan yang terbesar di dunia: Okezone Economy

Uncategorized95 Dilihat

JAKARTA – PT Pertamina International Shipping (PIS) menargetkan memiliki armada sebanyak 130 orang truk tangki hingga tahun 2025.

“Penambahan armada kapal tanker ini dilakukan untuk memperkuat distribusi listrik dan ketahanan energi nasional, serta ekspansi perseroan di pasar global hingga pasar luar negeri,” kata Sekretaris PIS Muh Aryomekka Firdaus, Senin (16/10/2023). .

PIS mencatatkan penambahan 11 armada kapal tanker pada tahun 2019 hingga September 2023. Dari 11 kapal tersebut, dua diantaranya adalah Very Large Crude Carrier (VLCC) Pertamina Pride dan Pertamina Prime yang dibangun secara mandiri dan diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick Thohir di awal tahun 2021.

Kedua kapal VLCC tersebut juga masuk dalam daftar kapal terbesar dunia yang berlayar di beberapa negara dunia sejak tahun 2021, ujarnya.

Selain 2 VLCC Pertamina Pride dan Pertamina Prime, pada awal tahun 2023 PIS akan memperluas lini kapal raksasanya dengan mengakuisisi Very Large Gas Carrier (VLGC) Pertamina Gas Amaryllis yang merupakan kapal pengangkut gas ramah lingkungan terbesar di dunia.

“Pertamina Gas Amaryllis merupakan kapal tanker dual-fuel pertama milik Indonesia dan merupakan wujud komitmen PIS dalam mendukung agenda transformasi energi pemerintah,” ujarnya.

Penambahan armada kapal tanker ini, kata Aryomekka, selain merupakan kontribusi PIS terhadap pertumbuhan Pertamina Group, juga sejalan dengan amanat Go Global yang diusung Menteri BUMN Erick Thohir.

Ikuti berita Okezone berita Google


Dimana didukung armada baru PIS yang memenuhi standar internasional untuk berlayar ke luar negeri. Mengingat kapal PIS saat ini tercatat telah berlayar di 26 jalur internasional.

“Visi dan inisiatif BUMN adalah globalisasi Indonesia. Kami yakin BUMN mempunyai potensi untuk tumbuh di lingkungan bisnis internasional dan berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Menteri Erick baru-baru ini.

Baca Juga  Profil Saleh Al-Arouri, Wakil Ketua Hamas yang Tewas Dihantam Rudal Israel di Lebanon: Okezone News

Total kapal yang dimiliki PIS saat ini sebanyak 97 kapal, dan pada tahun 2025 PIS menargetkan memiliki armada sebanyak 130 kapal tanker.

Detail penambahan armada PIS mulai tahun 2019 adalah sebagai berikut.

Kapal VLCC: Pertamina Pride dan Pertamina Prime (2021)

Kapal VLGC : Pertamina Gas Amaryllis (2023)

Kapal Medium Tanker/MT: MT Pangalengan (2019), MT Panjang (2019), MT Pangrango (2019), PIS Precious (2019), PIS Sumatra (2023)

Pengangkut gas kecil: Antasene Gas (2023), PIS Prolific (2023)

Kapal Tanker Kimia Kecil: PIS Mahakam (2023)

Kapal yang dioperasikan oleh PIS berbeda dengan kapal yang membawa produk minyak, gas, dan petrokimia. Kedepannya, kapal tambahan direncanakan mencakup beberapa kapal berteknologi bahan bakar ganda yang menggabungkan minyak dan gas, serta kapal LNG.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *