Piala Dunia U-17 2023 menjadi catatan sejarah bagi Kota Surabaya: Okezone Bola

Uncategorized146 Dilihat

KOTA Surabaya baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai salah satu tuan rumah pertandingan tersebut Kejuaraan Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). FIFA juga memberikan penghargaan kepada Kota Pahlawan yang dianggap terbaik.

Seri Piala Dunia U-17 di Surabaya berakhir pada 21 November 2023 pada babak 16 besar antara Maroko U-17 dan Iran U-17.

Sebelumnya, GBT menggelar pertandingan Grup A. Empat tim bertanding di Grup A, yakni Timnas Indonesia U-17, Maroko, Ekuador, dan Panama.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih karena daerah yang dipimpinnya bisa menjadi tuan rumah ajang internasional ini tanpa kendala apa pun. Semuanya berjalan baik dan tidak ada masalah.

“Inilah sejarah Kota Surabaya, bagaimana Stadion Gelora Bung Tomo kebanggaan Areka-Areka Suroboya bisa menjadi bagian Piala Dunia U-17. Sebenarnya gol pertama Indonesia di Piala Dunia terjadi di GBT, kata Eri Cahyadi, Kamis (23/11/2023) di Surabaya.

Ia mengatakan, Piala Dunia U-17 menjadi momen yang tidak akan ia lupakan karena merupakan masa lalu bagi Indonesia, khususnya Surabaya, menjadi tuan rumah kompetisi bakat sepak bola kelompok umur. Kehadirannya juga menunjang perekonomian masyarakat setempat.

“Ini menjadi bagian yang tak terlupakan bagi masyarakat Surabaya. Piala Dunia U-17 ternyata bisa mendongkrak perekonomian Surabaya. Ada pertandingan dan pengunjung datang ke Surabaya, ini menggerakkan semua orang di Surabaya, tambahnya.

Selain itu, Pemkot Surabaya bekerja sama dengan berbagai pihak berhasil mengatur arus penonton dari berbagai belahan dunia tanpa adanya penumpukan yang dapat menimbulkan kemacetan. Dalam acara tersebut disediakan transportasi khusus bagi penonton sehingga tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju GBT. Hal ini untuk mengurangi volume kendaraan selama turnamen berlangsung.

Baca Juga  5 Makanan Khas Imlek, Cupcakes untuk Yu Sheng: Gaya Hidup Okezone


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan 110 armada shuttle bus gratis untuk mengangkut penonton menuju stadion di kawasan Surabaya Barat.

Terdapat enam titik pemberangkatan shuttle bus yakni Balai Kota, Terminal Intermodal Joyoboyo (TIJ), Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Terminal Benowo, Tempat Uji Coba Kendaraan Bermotor Tandes dan Ciputra World.

“Kami benar-benar mempelajari organisasi pertandingan sepak bola ini. Misalnya dengan menggunakan shuttle bus, kita menentukan titik mana saja yang menjadi titik pulang shuttle bus tersebut. “Ini menjadi pembelajaran bagaimana kita bisa menyelenggarakan pertandingan internasional,” kata Eri.

Selain itu, antusiasme penonton juga terlihat pada babak 16 besar di Surabaya. Meski timnas Indonesia tidak bertanding di sana, namun jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut cukup banyak.

“21. pada tanggal 21 November (21 November, catatan redaksi) ada dua pertandingan yang tidak diikuti oleh timnas Indonesia. Namun tiket yang terjual mencapai puluhan ribu. “Ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota yang mencintai sepak bola,” kata Eri.

FIFA bahkan menyampaikan kepada PSSI bahwa pihaknya terkesan dengan terselenggaranya Piala Dunia U17 di Surabaya. “Dikatakan di antara semua stadion, Surabaya paling siap. Saya pribadi yang memberikan sertifikat pada Piala Dunia U17 di Surabaya pada tanggal 8-9, tambahnya.

Dari sisi keamanan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyiapkan kurang lebih 350 anggota dari berbagai satuan yang mendapat pelatihan khusus dan dikerahkan di area stadion selama pertandingan berlangsung. Ini gabungan personel Brimob, penyidik, dan transportasi sebagai pelayan.

Baca Juga  Jadwal imsak dan waktu sholat bulan Maret 2024 Jakarta dan sekitarnya

Tak hanya di Stadion GBT, pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat yang dijadikan tempat latihan, yakni Stadion Gelora 10 November 2023, Lapangan THOR dan Lapangan AC kompleks Stadion GBT.

BACA JUGA:

Alhamdulillah kota Surabaya bisa menjadi bagian Piala Dunia U17. Kami berterima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR dan PSSI karena Surabaya telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi bagian dari Piala Dunia U-17. Saya juga berterima kasih kepada Kapolres Surabaya. Ia begitu semangat dan berjuang mempertahankan kota Surabaya. Termasuk juga Forkompimda Surabaya. “Semuanya berjalan baik sampai tanggal 21 di Surabaya,” kata Eri.

Dia mengatakan semua sektor bergerak. Misalnya okupansi hotel yang semakin meningkat, oleh-oleh lokal produksi UMKM di Surabaya juga banyak dijual dalam jumlah besar. “Barang UMKM Surabaya yang terjual 85 persen, sekitar 16 ribu. Kita akan belajar dari semua ini, ke depan kita akan buatkan paket wisata ke GBT. bermain di GBT selama Piala Dunia U17, ” katanya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *