Pertamina Patra Niaga Resmi Operasikan 51 Lembaga Distribusi BBM Satu Harga Baru di Kawasan 3T: Okezone News

Uncategorized168 Dilihat

Sorong – Pertamina Patra Niaga bersama Kementerian ESDM dan BPH Migas kembali menambah jumlah lembaga penyalur BBM Satu Harga. Peresmian 51 lembaga penyalur BBM Satu Harga digelar serentak di 4 lokasi antara lain Sorong, Aceh, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah, pada Jumat (24/11).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan beroperasinya 51 lembaga distribusi BBM harga tunggal baru merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menjamin pemerataan energi dan akses subsidi energi yang lebih adil di seluruh Indonesia, termasuk daerah tertinggal, perbatasan, dan terluar (3T).




“Kami berharap melalui BBM satu harga, daerah-daerah di seluruh Indonesia dapat menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di Jakarta atau kota lainnya, tidak ada lagi ketimpangan dan perbedaan harga BBM antar daerah,” kata Arifin saat berkunjung untuk meresmikan 26 One. Penghargaan Lembaga Distribusi BBM Wilayah Papua dan Papua Maluku.

Lanjut Arifin, BBM Satu Harga merupakan amanah untuk mewujudkan pentingnya keadilan bagi seluruh masyarakat. Dengan adanya BBM satu harga diharapkan masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan BBM yang terjangkau, sehingga tujuan dibangunnya lembaga penyalur BBM satu harga pada tahun 2024 akan terus terwujud.

“Manfaat keadilan energi sangat besar dan kita tidak akan berhenti pada tahun 2024 atau target yang ada, namun Pemerintah bersama seluruh instansi terkait akan mencari daerah-daerah yang membutuhkan bahan bakar terjangkau. “Ini merupakan upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat,” kata Arifin.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan penyediaan BBM sudah menjadi peran BPH Migas, termasuk penyediaan BBM melalui Badan Penyalur BBM Satu Harga. Dengan diresmikannya tersebut, maka terealisasi 80 lembaga penyalur dari target 89 lembaga penyalur satu harga BBM pada tahun 2023.

Baca Juga  Cerita Pemudik Terjebak Kemacetan Mengerikan di Tol Purbaleunyi dan Balik ke Bandung: Okezone News

“Selain memastikan energi yang adil, manfaat dari adanya bahan bakar dengan harga yang sama juga akan dirasakan oleh masyarakat sekitar. “Kami yakin stabilnya harga BBM akan membawa manfaat terutama bagi pertumbuhan ekonomi dan aktivitas masyarakat sehari-hari,” kata Erika.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, sejak 2017 hingga November 2023, Pertamina Patra Niaga mengoperasikan 493 lembaga penyalur BBM Satu Harga yang tersebar di Sumatera 76 titik, Kalimantan 98 titik, Sulawesi 49 titik, Nusa Tenggara 973 titik, Maluku titik dan Papua 101 titik. poin, di Jawa dan Bali hanya 5 poin. Pada tahun 2024, Pertamina direncanakan mengoperasikan 573 lembaga penyalur BBM Satu Harga.

“BBM Satu Harga merupakan amanah dan kontribusi Pertamina dalam menyediakan energi di seluruh pelosok tanah air, termasuk wilayah 3T. “Ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mewujudkan ketersediaan, aksesibilitas, dan keterjangkauan energi bagi saudara kita di seluruh pelosok tanah air,” jelas Riva.

Senada dengan Menteri ESDM sekaligus Direktur BPH Migas Riva yang mengatakan, meski penyalurannya memiliki tantangan tersendiri, semoga BBM Satu Harga bisa mencapai kemandirian ekonomi dengan menggeser sektor-sektor ekonomi.

“Di beberapa daerah, proses distribusinya memerlukan berbagai moda transportasi, baik darat, air, dan udara, sebelum bahan bakar dapat dinikmati masyarakat, suatu tantangan tersendiri. Namun Pertamina Patra Niaga bangga karena masyarakat merasakan manfaat dari adanya bahan bakar yang terjangkau, ujarnya.

Riva tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian ESDM, BPH Migas, pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan terkait yang bersama-sama terus memastikan distribusi BBM satu harga berkelanjutan sehingga dapat terwujud energi berkeadilan.

“Keberhasilan Pertamina Patra Niaga menyediakan bahan bakar bagi saudara kita di daerah 3T tidak lepas dari peran banyak pihak. “Kami berharap koordinasi yang erat terus dilakukan untuk memastikan pendistribusian BBM dapat berlangsung secara optimal, tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat kualitas dalam rangka sinergi mewujudkan akses energi yang terjangkau dan merata bagi masyarakat. “ucap Riva. .

Baca Juga  Serunya Wisatawan Pantai Ngliyep Liburan Tanpa Bayar Tour, Ini Faktanya! : Perjalanan Okezone

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


(lebar)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *