Perlu diketahui, beberapa jenis obat memiliki aturan minum khusus selama bulan puasa: Okezone health

Uncategorized89 Dilihat

SELAMA bulan puasa, waktu makan dan minum akan berubah. Hal ini juga dapat memengaruhi jadwal pengobatan rutin Anda untuk jenis obat tertentu.

Jika Anda memiliki beberapa penyakit seperti hipertensi, maag, diabetes, dan kolesterol, ada beberapa aturan minum obat di bulan puasa agar efektivitas obat tetap optimal.

Berikut beberapa jenis obat dan aturan pakainya selama puasa, seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Jumat (15/03/2024).

1. Obat maag

Bagi Anda yang pernah diberi resep obat maag sekali sehari seperti omeprazole, lansoprazole, esomeprazole atau pantoprazole, sebaiknya diminum pada malam hari dan sebelum tidur.

Sedangkan untuk jenis obat ranitidine, cimetidine atau famotidine yang diminum dua kali sehari sebaiknya dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur dan subuh. Hal ini dikarenakan asam lambung berada pada titik tertingginya pada dini hari, sehingga sebaiknya diminum pada malam hari untuk mencegah penumpukan asam lambung yang berlebihan.

2. Obat antihipertensi

Jika dokter menyarankan untuk mengonsumsi obat antihipertensi satu kali sehari, sebaiknya minum obat di pagi hari agar obat dapat mengontrol tekanan darah saat beraktivitas di siang hari.

3. Obat penurun kolesterol

Beberapa jenis obat penurun kolesterol, seperti simvastatin, atrovastatin, atau rosuvastatin, sebaiknya dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa mengkonsumsinya pada pukul 19.00-21.00 atau malam hari sebelum tidur, karena efeknya lebih baik.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Antidiabetes

Jika dokter meresepkan obat antidiabetik yang diminum satu kali sehari, seperti glimepiride, glibenclamide, atau glipizide, sebaiknya Anda meminumnya saat sedang berpuasa, karena ada kemungkinan gula darah Anda akan naik berlebihan saat Anda berpuasa. berbuka puasa.

Baca Juga  Aksi Baru, PSBS Biak Segera Incar Juara Ligue 1 Musim Depan! : Okezone Dia

Sedangkan obat antidiabetik yang diresepkan dua kali sehari, seperti metformin, dianjurkan diminum saat berbuka puasa dan malam hari sebelum tidur. Namun, hindari mengonsumsi obat antidiabetes saat mengonsumsi sahur. Hal ini untuk mencegah terjadinya hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah di siang hari saat berpuasa.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *