Perkuat Perlindungan Budaya Lokal, Sandiaga Ingin Festival Sulap Minangkabau Jadi Ajang Kelas Dunia: Okezone Travel

Uncategorized77 Dilihat

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi terselenggaranya Festival Pesona Minangkabau Tahun 2023 sebagai event pariwisata dan pesona budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat.

“Festival pesona Minangkabau Hal ini sudah tiga kali diikutsertakan dalam acara Karisma Nusantara. “Melalui festival ini kami ingin terus melestarikan kearifan lokal dan melestarikan budaya kita,” kata Sandi di Istana Pagaruyung pada Jumat, 8 Desember 2023 seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang merangkum kalender event seluruh daerah di Indonesia selama satu tahun yang dipromosikan secara khusus.

(Foto: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Dimasukkannya Festival Pesona Minangkabau 2023 yang digelar pada 7-10 Desember 2023 di Kenya menjadi dorongan yang baik untuk mempromosikan pesona pariwisata dan budaya Tanah Datar, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Sumbar. propinsi.

Kegiatan Minangkabau Magic Festival 2023 akan digelar di dua lokasi, Istana Pagaruyung dan Lapangan Cindua Mato.

Festival ini menampilkan berbagai atraksi budaya unik yang ada dan masih berkembang di masyarakat, wisata budaya, pertunjukan seni, pertunjukan lagu, pameran benda pusaka, pameran ekonomi kreatif, desa wisata, pasar kuliner jaman dulu dan berbagai lomba permainan anak. nagari dan pacu jawi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

(Foto: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Selain itu, festival ini juga banyak menghadirkan produk-produk khas ekonomi kreatif Minangkabau, seperti kuliner dan produk lainnya.

“Ini merupakan event pariwisata dan budaya terbesar di Sumbar dan berbagai atraksinya merupakan produk UMKM lokal. Dengan semangat inovasi, adaptasi dan kerjasama, kami merekomendasikan penyelenggaraan tahun depan dapat diperluas ke tingkat internasional,” ujarnya.

Baca Juga  Momen Pahala Disambut Tari Tortor Sombah Saat Berkunjung ke Sumut: Laporan dari Okezone

“Sehingga pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat dapat terus kita dorong dengan semangat pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” tambah Sandi.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menyelenggarakan Festival Pesona Minangkabau 2023. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian program unggulan Kabupaten Tanah Datar yaitu 1 nagari (desa) 1 acara.

“Ada 25 desa yang menyelenggarakan acara, puncaknya pada bulan Desember ini dan merupakan bagian dari acara Karisma Nusantara,” kata Eka Putra.

penari Minangkabau

(Foto: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Senada dengan Menparekraf, Bupati Eka juga bertekad memperbaiki penyelenggaraan Festival Pesona Minangkabau pada tahun depan.

“Mudah-mudahan kedepannya kita bisa meningkatkan kelas pelaksanaannya, dimana pada tahun ini kita telah melibatkan beberapa provinsi seperti Jambi, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan lain-lain,” kata Eka.

Turut hadir dalam kesempatan ini pakar dari Menteri Reformasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf, R. Kurleni Ukar; dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianda.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *