Peringkat benua terbesar di permukaan bumi: Okezone News

Uncategorized164 Dilihat

JAKARTA – Menurut National Geographic, Bumi itu terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Kebanyakan benua adalah tanah yang tersebar, terletak di selatan Khatulistiwa.

Potongan-potongan ini bersatu membentuk daratan akibat aktivitas tektonik di dalam bumi. Superbenua tunggal ini diberi nama “Pangea” oleh para ahli geologi, dalam bahasa Yunani berarti seluruh daratan. Jutaan tahun kemudian, kekuatan yang sama yang menciptakan Pangea mulai memecah benua super menjadi beberapa bagian yang membentuk benua saat ini.




Namun bagaimana urutan benua dari yang terbesar hingga yang terkecil? Berikut urutan benua dari yang terbesar hingga terkecil menurut Thought Co.

1.Asia

Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas 17,2 juta mil persegi atau 44,6 juta kilometer persegi. Sebagai negara terbesar secara geografis, Asia juga memiliki keunggulan dalam hal jumlah penduduk karena memiliki 4,6 miliar jiwa dari total populasi dunia sebesar 7,7 miliar jiwa.

Asia juga memiliki titik tertinggi dan terendah di dunia. Gunung Everest merupakan titik tertinggi dengan ketinggian 29.035 kaki (8.850 meter). Titik terendahnya adalah Laut Mati, yang berada lebih dari 1.414 kaki (431 meter) di bawah permukaan laut.

2. Afrika

Afrika berada di urutan kedua dalam daftar populasi dan ukuran. Dari segi luas, luasnya mencapai 11,6 juta mil persegi (30 juta kilometer persegi). Populasinya diperkirakan mencapai 1,3 miliar. Selain Asia, kedua benua ini diprediksi akan menjadi kawasan dengan pertumbuhan penduduk tertinggi di dunia dalam beberapa dekade mendatang.

Afrika memiliki sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil. Membentang 4.100 mil (6.600 kilometer) dari Sudan hingga Laut Mediterania.

Baca Juga  Berapa lama poin penalti Driver Shopee hilang? : Okezone Ekonomi

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Amerika Utara

Amerika Utara merupakan tempat yang berbeda peringkat regional dan populasinya karena pertumbuhan penduduk di benua tersebut tidak secepat di Asia. Amerika Utara berada di urutan ketiga dengan luas 9,4 juta mil persegi (24,5 juta kilometer persegi). Namun, negara ini menempati urutan kelima dalam daftar jumlah penduduk dengan 369 juta orang.

Amerika Utara memiliki Danau Superior, danau air tawar terbesar di dunia. Salah satu Danau Besar, Superior, mencakup luas lebih dari 31.700 mil persegi (82.100 kilometer persegi) antara Amerika Serikat dan Kanada.

4. Amerika Selatan

Amerika Selatan merupakan benua terbesar keempat dengan luas 6,9 juta mil persegi (17,8 juta kilometer persegi). Amerika Selatan adalah negara terpadat kelima di dunia, dengan 431 juta orang. Amerika Selatan juga merupakan rumah bagi salah satu benua yang paling padat penduduknya. kota-kota di dunia — São Paulo, Brasil, berada di peringkat ke-4 dalam daftar.

Amerika Selatan memiliki barisan pegunungan terpanjang di dunia. Pegunungan Andes membentang 7.000 kilometer dari Venezuela selatan hingga Chili.

5. Antartika

Berdasarkan wilayah, Antartika adalah benua terbesar kelima dengan luas 5,5 juta mil persegi (14,2 juta kilometer persegi). Namun, tidak ada yang menyangka bahwa Antartika berada di urutan terbawah dalam daftar populasi karena tidak ada penduduk tetap. . Namun, hingga 4.400 peneliti dan staf tinggal di sana pada musim panas dan 1.100 pada musim dingin.

Banyaknya lapisan es di Antartika mempengaruhi pertukaran panas, kelembapan, dan gas antara laut dan atmosfer. Perubahan es pada gilirannya mempengaruhi pola cuaca global – dan seiring waktu mempengaruhi iklim.

Baca Juga  Mengenal Mancanager Timur, wilayah pecahnya Kesultanan Mataram pasca dipartisi oleh VOC Belanda: National Okezone

6. Eropa

Dari segi luas, Eropa menempati urutan keenam dalam daftar benua dengan luas 3,8 juta mil persegi (9,9 juta kilometer persegi). Negara ini juga menduduki peringkat ke-3 dalam hal jumlah penduduk dengan 746 juta jiwa. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan jumlah penduduk akan menurun dalam beberapa dekade mendatang karena menurunnya angka kelahiran.

Eropa mengklaim sebagai negara terbesar dan terkecil di dunia. Rusia adalah negara terluas dengan luas 6,6 juta mil persegi (17,1 juta kilometer persegi), sedangkan Vatikan adalah negara terkecil dengan luas hanya 109 hektar.

7. Australia

Satu-satunya benua yang memiliki negara sendiri, Australia juga merupakan benua terkecil: 3 juta mil persegi (7,7 juta kilometer persegi). Australia mempunyai jumlah penduduk yang sangat rendah (sekitar atau di bawah peringkat 50 di dunia), kemungkinan besar karena sebagian besar wilayahnya tidak dapat dihuni. Sebagian besar dari 25 juta penduduknya tinggal di daerah perkotaan di pesisir pantai. Populasi Australia sering disamakan dengan 43 juta penduduk Oseania.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *