Peran Perguruan Tinggi dalam Pendidikan Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja: Okezone Education

Uncategorized62 Dilihat

JAKARTA – Remaja dari 14 desa di Kabupaten Ciawi mengikuti kegiatan literasi digital misinformasi dan disinformasi kesehatan seksual yang dipimpin oleh Binus. Program Pascasarjana Binus Ilmu Komunikasi Jakarta menggagas Inisiatif Literasi Digital 5.0++ sebagai upaya membantu program pemerintah mengurangi kesenjangan kualitas kesehatan dan keluarga berencana sejahtera di Indonesia.

Manajer proyek Digital Literacy Initiative Virienia Puspita mengatakan berbagai permasalahan seperti misinformasi dan disinformasi telah berdampak pada kesehatan seksual dan reproduksi, khususnya di kalangan remaja.

Menurut Global Early Adolescent Study-Indonesia (GEAS-ID) 2020, banyak remaja muda yang pengetahuannya kurang mengenai kehamilan dan pencegahan HIV. Survei awal yang dilakukan OnTrackMedia Indonesia (OTMI) pada tahun 2014 juga menemukan bahwa perilaku seksual tidak aman pada anak disebabkan oleh kepercayaan mereka terhadap informasi kesehatan seksual dan reproduksi yang tidak akurat dan penuh mitos.

Menyikapi hal tersebut, Program Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Binus menginisiasi Proyek Digital Literacy Initiative 5.0++ yang bersifat lintas proyek.

“Tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup di Kampung KB sejalan dengan 37 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk informasi dan pendidikan,” ujarnya, Kamis (23 April 2024). ).

Proyek inisiatif ini dilaksanakan bekerja sama dengan UPT Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BPPKKB) Bogor dan Ikatan Ilmuwan Komunikasi Indonesia (ISKI). Proyek ini dimaksudkan untuk memberdayakan dan memperkuat kelembagaan keluarga berdasarkan isu-isu terkini di Kampung KB melalui kegiatan literasi digital, khususnya mengenai misinformasi dan disinformasi kesehatan seksual dan reproduksi. Tujuan dari kegiatan ini adalah keluarga dan remaja sebagai agen perubahan di masyarakat.

Baca Juga  Johann Zarco mengungkap rahasia bagaimana pebalap Ducati bisa bergantian memenangkan balapan MotoGP: Okezone Sports

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Virienia Puspita selaku project leader inisiatif sekaligus pengurus ISKI-Pusat, Fitria Andayani, Ph.D., Dr. La Mani bersama tim dosen Magister Ilmu Komunikasi dan tim dosen Program Studi Komunikasi Binus University Jakarta. Kegiatan ini berfokus pada pemahaman dalam pencarian informasi yang akurat, positif dan inklusif mengenai kesehatan seksual dan reproduksi di kalangan remaja.

Dengan inisiatif ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup Kampung KB melalui literasi digital yang efektif dan tepat sasaran, serta melahirkan agen perubahan yang berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan seksual dan reproduksi di lingkungan sekitar.

Jam tangan Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *