Penjualan Mobil di Indonesia Mandek di Level 1 Juta Unit, Dampak Pandemi Covid-19: Okezone Automotive

Uncategorized156 Dilihat

JAKARTA – Penjualan mobil di Indonesia masih di angka satu juta unit. Pandemi Covid-19 nampaknya masih memberikan dampak yang besar.


Irwan Kuncoro, Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19 pada tahun 2020, pasar mobil Indonesia mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Dari situ muncul optimisme penjualan mobil nasional bisa mencapai dua juta unit. Sayangnya, Covid-19 telah menyebabkan pasar otomotif kembali aktif atau terulang kembali.

BACA JUGA:

“Kenapa mentok di satu juta, karena pandemi melanda, jadi kenaikannya hanya setengahnya. Kita mundur lagi. Tadinya kita bicara dua juta unit, sekarang cukup satu juta,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tommy Adianto, Sales Group Manager PT MMKSI mengatakan memang ada upaya penyelamatan pasar otomotif di masa pandemi.

Menurut dia, pemerintah mengeluarkan kebijakan insentif PPnBM 0 persen yang bebannya ditanggung pemerintah.

BACA JUGA:

Selain itu, kenaikan harga komoditas juga dapat mendongkrak penjualan mobil. Kebijakan dan kondisi tersebut pada akhirnya dapat menyelamatkan keadaan pasar mobil tanah air.

Sayangnya, pasca dinyatakannya pandemi Covid-19, kondisi perekonomian global mengalami tekanan.

Masalah pasokan semikonduktor, perang Rusia dan Ukraina juga berkontribusi terhadap perlambatan pasar otomotif nasional dan global.

Ikuti berita Okezone berita Google


Pada saat yang sama, pemerintah tidak lagi menawarkan kebijakan menarik yang dapat menggairahkan pasar mobil nasional.

“Sekarang ada lagi permasalahan konflik Palestina dan Israel yang pasti berdampak pada makro ekonomi. Harga minyak akan naik,” ujarnya.

Diketahui, pasar mobil nasional memang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga  Marah, ratusan pengunjuk rasa membakar Kedutaan Israel di Meksiko: Okezone News

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *