Peneliti kampus ini mengungkap fakta terbaru dampak makan setelah jam 9 malam: Okezone Edukasi

Uncategorized41 Dilihat

JAKARTA – Jam berapa Anda makan malam setiap saat? Waspadai makan malam setelah jam 9, karena dapat berdampak pada gangguan kesehatan. Dia membeberkan data terkini peneliti Universitas Sorbonne Utara di Paris.

Sebuah tim ilmuwan menemukan bahwa hal itu dapat meningkatkan risiko stroke. Sebuah penelitian baru-baru ini mengamati lebih dari 100.000 orang Prancis yang mengisi hingga 15 buku harian makanan yang merinci waktu mereka makan pada hari kerja dan akhir pekan. Mereka menyelidiki risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan ketika mereka sarapan dan makan malam.

BACA JUGA:

Penyakit serebrovaskular, termasuk stroke dan stroke ringan yang mengganggu aliran darah ke otak, merupakan bagian dari penyakit kardiovaskular. Ia juga menderita penyakit jantung koroner seperti angina pektoris stabil, serangan jantung, dan pasien memerlukan angioplasti untuk menghilangkan arteri yang tersumbat dan menyempit.

Orang ketiga yang makan lebih dulu melakukannya sebelum jam 20.00 dan orang ketiga yang makan belakangan melakukannya setelah jam 9.00 malam. Mereka yang makan setelah jam 9 malam. dibandingkan sebelum jam 8 malam, mereka 28% lebih mungkin terkena stroke atau stroke ringan, namun tidak berisiko terkena penyakit jantung koroner. Menurut temuan penelitian, peluang seseorang terkena stroke atau stroke ringan meningkat sebesar 8% untuk setiap jam yang berlalu setelah makan malam.

BACA JUGA:

Selama tujuh tahun masa tindak lanjut para relawan, terjadi sekitar 2.000 kasus penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke. Menurut para ilmuwan, manusia berevolusi untuk makan lebih awal karena terdapat bukti dari penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa makan di sore hari menyebabkan tekanan darah dan gula darah meningkat.

Baca Juga  Sekolah Wajibkan Siswa Membawa Buku dan Menulis dengan Tangan, Guru Batasi Penggunaan Gadget: Okezone Edukasi

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


“Seperti kebanyakan orang, nenek saya sering memperingatkan saya untuk tidak makan malam terlalu larut, dan penelitian ini menunjukkan bahwa nasihat tersebut mungkin masuk akal,” kata Dr. Bernard Srour, penulis utama studi dari Sorbonne Paris Nord University, melaporkan di Science Times, Senin (18/12/2023).

BACA JUGA:

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian dan waktu makan sepertinya tidak akan berpengaruh, peningkatan tekanan darah di malam hari, yang biasanya lebih rendah, lama kelamaan dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penggumpalan darah yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *