Pembagian Sertifikat Tanah ke Masyarakat Jawa Tengah, Jokowi: Lahannya Luas. Jangan salah: Perekonomian Okezone

Uncategorized187 Dilihat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertifikat kepemilikan tanah kepada masyarakat di Alun-Alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.



Jokowi membenarkan, sertifikat yang berasal dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) itu diberikan kepada masyarakat dari tiga daerah yakni Kabupaten Wonosobo, Purworejo, dan Kebumen.

“Coba ambil, saya ingin lihat apakah mereka benar-benar menerimanya atau tidak. “Saya pastikan BPN Kabupaten Wonosobo, Kanwil BPN Jateng sudah menyampaikan hal ini kepada bapak dan ibu,” kata Presiden, Senin (22/1/2024).

Kepala Negara menjelaskan, sertifikat tersebut merupakan bukti sah atas tanah milik masyarakat. Oleh karena itu, Presiden mengingatkan masyarakat untuk mengecek kembali kesesuaian data seperti nama pemegang hak, dan luas tanah yang tercantum dalam sertifikat.

“Ada juga luasnya, lembar luasnya menunjukkan berapa total luas tanahnya. “Jangan salah nama, jangan salah luas (tanahnya),” jelasnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Tak hanya itu, Presiden juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati jika berencana meminjam ke bank dengan menggunakan sertifikat yang dimilikinya sebagai jaminan. Jika hal ini terus berlanjut, Presiden akan mendorong masyarakat untuk menggunakan pinjaman tersebut sebagai modal usaha atau kerja.

“Saya baru dititipi pengiriman ke sekolah, tapi hati-hati dalam perhitungan, dengan perhitungan yang cermat, perhitungan yang benar. “Pinjaman besar dan pinjaman kecil itu sami mawon, yen ora iso balekke yo abot (pinjaman besar atau kecil sama saja, kalau tidak bisa dilunasi, sulit),” ujarnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan penerima sertifikat asal Purworejo, Ismudin, bersyukur atas kemudahan yang didapat dalam pengurusan sertifikat tersebut. Ia berharap hak atas tanah yang dimilikinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga  Ini Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah: Okezone Economy

“Alhamdulillah warga senang sekali memiliki tanah tersebut, batas waktu sertifikatnya. “Semoga bermanfaat,” kata Ismudin.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *