MUI undang Laznas kumpulkan ZIS untuk Palestina: National Okezone

Uncategorized77 Dilihat

JAKARTA – Ketua Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menegaskan, dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina melawan agresi Israel adalah wajib hukum.

“Mendukung Palestina saat ini merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, termasuk menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah untuk perjuangan rakyat Palestina. “Untuk itu saya mengimbau BAZNAS dan seluruh lembaga amil zakat nasional untuk mengoptimalkan penghimpunan dan penyaluran zakat, infaq dan sadaqah demi kemerdekaan Palestina,” kata Niam saat menyerahkan hasil fatwa MUI di kantor MUI Menteng, Pusat. Jakarta. Jumat (11/10/2023).




Lebih lanjut, Pengurus Pondok Pesantren Al-Nahdlah, Depok, mengatakan, menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai kemampuan dan kompetensi, seperti politik, harta, dan doa.

“Umat Islam diimbau untuk mendukung perjuangan Palestina, seperti gerakan penggalangan dana untuk kemanusiaan dan perjuangan, mendoakan kemenangan, dan melakukan doa tak kasat mata untuk para korban yang meninggal di Palestina,” tegasnya.

Sementara itu, Niam menegaskan, mendukung agresi Israel terhadap Palestina dan mendukung pendukung Israel adalah haram.

“Mendukung pihak-pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti membeli produk dari produsen yang memang mendukung agresi Israel, adalah haram,” tegas dosen lulusan UIN Jakarta ini.

Untuk itu, Guru Besar Hukum UIN Jakarta ini mengimbau umat Islam sebisa mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk-produk Israel dan pihak-pihak yang berafiliasi dengan Israel serta pihak-pihak yang mendukung kolonialisme dan Zionisme.

“Dukungan untuk kemerdekaan Palestina kini menjadi sebuah keharusan. “Jadi kita tidak boleh mendukung pihak-pihak yang melawan Palestina, termasuk menggunakan produk yang hasilnya justru mendukung pembunuhan terhadap warga Palestina,” lanjutnya.

Baca Juga  Siti Atikoh dapat aspirasi dari relawan di Probolinggo, fitur Pintasan Ganjar Pranowo: Okezone News

Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang UU Dukungan Palestina juga merekomendasikan agar pemerintah mengambil langkah tegas untuk membantu perjuangan Palestina, seperti melalui diplomasi PBB untuk menghentikan perang dan memberikan sanksi terhadap Israel, mengirimkan bantuan kemanusiaan, dan memperkuat OKI. memberikan tekanan pada Israel untuk menghentikan agresinya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


Fatwa ini dibahas sebagai bentuk tanggung jawab administratif MUI menyikapi agresi Israel terhadap Palestina yang mengancam kemanusiaan. Di sisi lain terdapat pihak-pihak yang berupaya memberikan empati dan dukungan terhadap Israel, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk upaya beberapa pihak untuk mendiskreditkan pihak-pihak yang mendukung kemerdekaan Palestina.

Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ketua MUI Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim, Bendahara MUI Rahmad Hidayat, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda, Komisioner BAZNAS Rizaludin Kurniawan serta para Pembina BAZNAS dan Komisi Fatwa MUI hadir dalam konferensi pers hari ini di MUI.

Secara lengkap Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Dukungan Hukum Perjuangan Palestina berbunyi sebagai berikut:

Aturan hukum

1. Dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina melawan agresi Israel adalah wajib.

2. Dukungan sebagaimana dimaksud pada poin 1 di atas, antara lain penyaluran zakat, infaq dan sedekah untuk kepentingan perjuangan rakyat Palestina.

3. Dana zakat pada dasarnya harus disalurkan kepada para mustahik yang tinggal di sekitar muzakki. Apabila terjadi keadaan darurat atau mendesak, dana zakat dapat disalurkan kepada mustahik yang letaknya lebih jauh, misalnya untuk perjuangan Palestina.

Baca Juga  Kejaksaan Agung Siap Hadapi Sidang Perdana dengan Crazy Rich Surabaya: National Okezone

4. Mendukung agresi Israel terhadap Palestina atau pihak-pihak yang mendukung Israel baik langsung maupun tidak langsung adalah haram.

Rekomendasi

1. Umat Islam dianjurkan untuk mendukung perjuangan Palestina, seperti gerakan penggalangan dana untuk kemanusiaan dan perjuangan, mendoakan kemenangan, dan melakukan doa ghaib untuk para syuhada Palestina.

2. Kami menyerukan kepada pemerintah untuk mengambil langkah tegas membantu perjuangan Palestina, misalnya melalui diplomasi PBB untuk menghentikan perang dan sanksi terhadap Israel, mengirimkan bantuan kemanusiaan dan mengkonsolidasi negara-negara OKI untuk menekan Israel menghentikan agresi.

3. Umat Islam disarankan untuk menghindari transaksi dan penggunaan produk-produk Israel dan afiliasi Israel serta orang-orang yang mendukung kolonialisme dan Zionisme.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *