Miliki Coaching Clinic KUR di Kulonprogo, Kemenparekraf Komit Kembangkan UKM: Okezone Travel

Uncategorized178 Dilihat

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar klinik pembinaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KUR) 2023 bagi masyarakat di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghubungkan lembaga keuangan perbankan dengan badan usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif guna memperoleh pendanaan melalui program KUR sekaligus memperoleh informasi tata cara pengajuannya.

Anggara Hayun Anujuprana, Direktur Akses Keuangan, Mugiyanto, Ketua Pokja Perbankan dan Keuangan Terintegrasi, Adnan Widodo, Perwakilan Tim Daerah Percepatan Akses Keuangan Kabupaten Kulon Progo, Sari Wulandari, Perwakilan dari Kulon Progo turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dinas Pariwisata Kabupaten, Risa Fajarwati, Otoritas Jasa Keuangan Yogyakarta, Ramlan Kamarullah, perwakilan BPO Borobudur, Acep Unang Rahayu dan Cecep Ucu Rakhman Perwakilan Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Slameto Perwakilan Bank Rakyat Indonesia RO Unit Yogyakarta & Samigaluh.

Peserta kegiatan Klinik Pembinaan Fasilitasi KUR ini merupakan para pengusaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Pagerharjo dan sekitarnya.

Ketua Pokja Perbankan dan Keuangan Terintegrasi Mugiyanto dalam laporan kegiatannya mengatakan, tujuan utama Coaching Clinic KUR Bisnis Parekraf yang diikuti oleh 60 peserta ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai tata cara pengajuan program KUR. guna menghidupkan kembali masa depan bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang jelas dan tentunya berdaya saing.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur Akses Pembiayaan Anggara Hayun mengungkapkan, berdasarkan data BPS pada tahun 2020, jumlah UMKM berjumlah sekitar 64 juta atau 99,9 persen dari seluruh usaha yang beroperasi di Indonesia.

UMKM menyumbang sekitar 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia dengan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97%.

Baca Juga  7 Fakta Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 6,24 Triliun: Okezone Economy

“UMKM merupakan penopang utama perekonomian Indonesia dan sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional,” kata Hayun dalam keterangan yang diperoleh Okezone.

Hayun juga mengatakan sulitnya mendapatkan permodalan dari perbankan karena adanya sejumlah persyaratan yang sulit dipenuhi oleh pengusaha, seperti kebutuhan agunan dan berbagai urusan administrasi yang perlu dipersiapkan, serta minimnya informasi mengenai aset yang ada. prosedur dan skema kredit.

“KUR merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan agar masyarakat menengah ke bawah dapat mengakses layanan perbankan dengan bunga murah,” kata Hayun.

KUR yang disalurkan di Kulonprogo hingga Oktober 2023 sebesar Rp551 miliar dan bank penyalur KUR terbesar adalah BRI.

“Kami mengapresiasi kegiatan Klinik Pembinaan KUR ini dan berharap dapat membantu para pelaku usaha yang membutuhkan pembiayaan,” kata Adnan Widodo, perwakilan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kulonprogo.

Ilustratif

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan pemaparan materi “Akses Pembiayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” oleh Anggar Hayun, Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kemudian “Waspada Investasi Online Ilegal dan Pinjaman serta Material untuk Pengenalan Sistem Jasa Informasi Keuangan oleh Risa Fajarwati, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Yogyakarta.

Selain penyampaian materi pada sesi pertama, sesi kedua dilanjutkan dengan materi Kebijakan Sosialisasi Kredit Usaha (KUR) dari Bapak Slamet selaku Kepala Departemen USI Bank Rakyat Indonesia (BRI) RO Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan pembinaan Clinical Meeting Tim Teknis Unit Samigaluh BRI.

Kegiatan Coaching Clinic KUR ini merupakan program kerjasama antara Direktorat Akses Keuangan Kemenparekraf, Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Poltekpar NHI Bandung, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kulon Progo, Dinas Keuangan Yogyakarta Kantor BRI RO Yogyakarta dan BRI Unit Samigaluh.

Baca Juga  Jangan dianggap remeh, ban mobil kempes bisa menyebabkan kecelakaan fatal : Okezone Automotive

Dari hasil kegiatan klinik pembinaan KUR diperoleh hasil berupa 19 pelaku usaha yang berpotensi memperoleh sarana pembiayaan KUR dengan total penyaluran modal sebesar Rp 987.000.000.

Ikuti berita Okezone berita Google


(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *