Menteri Kesehatan menjelaskan pentingnya edukasi masyarakat tentang metode Wolbachia untuk memberantas demam berdarah: Okezone Health

Uncategorized190 Dilihat

MENTERI Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan Program Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) Teknologi Wolbachia di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kementerian Kesehatan menggunakan cara melumpuhkan virus demam berdarah pada nyamuk Aedes aegypti untuk mencegah penularan kasus demam berdarah.

Tak hanya itu, teknologi Wolbachia yang digunakan merupakan hasil penelitian Universitas Gajah Mada dan juga digunakan oleh Brazil, Vietnam, dan Australia.

“Kami melihat ini (Wolbachia) bagus, makanya kami melaksanakan pilot project di 4 kabupaten/kota dan Kupang salah satunya,” kata Budi seperti dikutip dalam keterangan resmi yang diperoleh MNC, Rabu (25/10/2021). 2023 ).

Oleh karena itu, edukasi kepada masyarakat sangat diperlukan karena penerapan Wolbachia bukan bertujuan untuk mengurangi jumlah nyamuk, melainkan meningkatkan jumlah nyamuk yang mengandung bakteri Wolbachia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kementerian Kesehatan Dr. Maxi Rein Rondonuwu juga menyampaikan bahwa tujuan peluncuran ini adalah untuk mendapatkan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian penyakit demam berdarah di Indonesia khususnya di Kota Kupang.

Hal ini untuk menyukseskan pilot project penerapan Wolbachia sebagai inovasi pencegahan demam berdarah.

“Seluruh instansi terkait baik pusat maupun daerah harus berkomitmen terhadap penerapan Wolbachia,” kata CEO Maxi.

Hal ini berujung pada penandatanganan komitmen penerapan Wolbachia oleh CEO Maxi dan Pj Wali Kota Kupang Fahrensy P. Funay. Fahrensy bahkan menjelaskan, Pemerintah Kota Kupang menyambut baik program Wolbachia ini.

Ikuti berita Okezone berita Google


Pada September 2023, dilaporkan 187 kasus demam berdarah di Kupang dengan dua kematian. Sedangkan pada tahun 2022, jumlah kasus DBD yang dilaporkan sebanyak 445 kasus. Penyakit DBD masih menjadi masalah kesehatan setiap tahunnya karena banyaknya kasus dengan angka kematian yang tinggi.

Baca Juga  6 Fakta Indonesia Menjadi Negara Pertama di ASEAN yang Meluncurkan Pembayaran Tol Tanpa Henti: Okezone Economy

“Pemerintah Kota Kupang berupaya keras melakukan langkah-langkah penanggulangan DBD, termasuk program Wolbachia yang kami dukung penuh,” kata Fahrensy.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *