Menghadiahi Ziarah Makam Bhatara Katong kepada Kiai Ageng Besari: Belajar dari Sejarah Menjadi Bijaksana: Okezone News

Uncategorized204 Dilihat

PONOROG – Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyempatkan diri mengunjungi makam Bhatara Katong dan Kiai Ageng Muhammad Besari bin Kiai Ageng Anom Besari pada Jumat (19/1/2024) saat safari politik ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.





   

Ganjar mengatakan, ziarah yang dilakukannya di Ponorog bisa dijadikan pembelajaran dari perjalanan panjang masa lalu dan lebih bijak dalam menjalani hidup.

“Ternyata sejarahnya panjang. Ya semoga kita selalu bisa belajar dari masa lalu, dari sejarah, agar kita bisa bijak,” kata Ganjar.

FYI, Bhatara Katong merupakan tokoh pendiri Kabupaten Ponorogo sekaligus Adipati pertama. Bhatara Katong juga ikut menyebarkan agama Islam di negeri Ponorogo saat itu.

Sedangkan Kiai Ageng Muhammad Besari merupakan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Tegalsari, salah satu pesantren tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1680.

Ada tokoh-tokoh yang tumbuh dari Kiai Ageng Besari, seperti Pakubuwono II (Sultan Kartasura), Raden Ronggowarsito (Begawan Kartasura Kesultanan dan penyair) dan HOS Cokroaminoto (Raja Jawa tanpa mahkota dari pergerakan nasional).

Ketiga tokoh inilah yang kemudian menjadi inspirasi presiden pertama RI Ir.Soekarno untuk berjuang dan membangun NKRI. Sebelumnya, ilmu Kiai Besari juga sampai ke para pendiri organisasi keagamaan Islam terbesar di dunia, yakni KH Hasyim Asy’ari (NU) dan KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), hingga Gus Dur (Presiden ke-4 RI). Indonesia).

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Baca Juga  Begini Sikap Robby Purba Usai Kucing Kesayangannya Bocor di TV : Okezone Celebrity

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *