Mengenang Rizal Ramli, Mantan Menteri yang Juga Tokoh Gerakan Berjuluk Rajawali Ngepret: National Okezone

Uncategorized107 Dilihat

JAKARTA – Kabar duka, mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (1 Februari 2024). Berdasarkan informasi yang diterima, Rizal Ramli meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta pada pukul 19.30 WIB.

Rizal Ramli merupakan sosok yang dikenal berani mengutarakan pendapatnya. Tak heran ia kerap diberi julukan berbeda-beda. Mulai dari Breaker hingga Ngepret Rajawali.




Rizal Ramli lahir pada tanggal 10 Desember 1954, menurut Wikipedia ia merupakan salah satu tokoh pergerakan mahasiswa Indonesia era 1977/78, pakar ekonomi dan tokoh perubahan Indonesia.

Sejak 12 Agustus 2015, berbagai jabatan penting pernah dijabatnya, yakni jabatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI menggantikan Indroyon Soesil. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Menteri Keuangan RI pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Soeharto juga menawarkan Rizal Ramli menjadi menteri di Kabinet Pembangunan VII, dan Gus Dur menawarinya menjadi Kepala Badan Pengawasan Tertinggi dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, namun semuanya ditolaknya. Baru ketika Gus Dur memintanya menjadi kepala badan logistik, Rizal Ramli menerima tawaran itu.

Tak hanya di dalam negeri, namun juga di kancah internasional, Rizal pernah dipercaya menjadi anggota Tim Penasihat Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa ekonom terkemuka dari berbagai negara lainnya.

Rizal juga pernah menolak posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (ESCAP) internasional yang ditawarkan PBB pada November 2013. Hal itu dilakukannya karena ingin fokus melayani Indonesia. negara dan bangsa.

Baca Juga  Polisi menggeledah kamar asrama di Sukabumi, menemukan 29 paket Sabu siap diedarkan: Okezone News

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejumlah kalangan menyebut Rizal Ramli sebagai “Si Terobosan” karena gagasannya yang tidak konvensional namun tepat sasaran dan berpihak pada kepentingan rakyat. Rizal Ramli juga ditunjuk sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) pada bulan September 2013 setelah perpecahan dalam organisasi tersebut.

Pada Oktober 2015, posisi Rizal sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia digantikan oleh Eddy Ganefo. Setelah lama absen dari lingkaran kekuasaan utama, pada Agustus 2015 Rizal Ramli diminta Presiden Joko Widodo untuk dipercaya mengelola sektor kelautan dan sumber daya.

Bahkan selama menjabat, sikap kritis Rizal tak berubah. Ia sering mengkritik keras (yang disebut kepret) hal-hal yang dianggapnya tidak menguntungkan bangsa dan negara, sehingga ia mendapat julukan baru “Rajawali Ngepret”.

pendidikan

Rizal Ramli menyelesaikan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di kota Bogor, Jawa Barat. Ia kemudian melanjutkan studi fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Semasa kuliah, beliau pernah menjabat sebagai ketua Student English Forum (SEF) ITB, kemudian menjadi wakil ketua Dewan Mahasiswa (Dema) ITB pada tahun 1976 hingga 1977. Pada tahun 1978, ia dipenjara oleh rezim Orde Baru karena kritiknya. tentang kebijakan pemerintahan Soeharto.

Pengagum Einstein yang kuliah di ITB ini akhirnya meraih gelar doktor bidang ekonomi dari Boston University pada tahun 1990.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *