Letusan Gunung Merapi mengirimkan gumpalan panas hingga jarak 1,5 km: Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional

Uncategorized26 Dilihat

JAKARTA – Gunung Merapi kembali meletus pada Selasa (18 Juni 2024) pukul 20.55 WIB. Berdasarkan laporan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas erupsi tersebut melonjak hingga ketinggian 1,5 km.

Di Gunung #Merapi pada tanggal 18 Juni 2024 pukul 20.55 WIB terjadi semburan air panas dengan amplitudo maksimum 37 mm, durasi 149,52 detik, perkiraan jarak longsor 1.500 meter ke arah sungai Bebeng/Krasak, arah angin SW, “dia tulis BPPTKG di jejaring sosialnya.

Masyarakat diimbau untuk menjauhi area bahaya yang direkomendasikan. BPPTKG merekomendasikan potensi bahaya di sektor Selatan-Barat Daya antara lain Sungai Boyong dalam jarak maksimal 5 kilometer (Km), Sungai Bedog, Krasak, Bebeng dalam jarak maksimal 7 km.

Sektor tenggara meliputi Sungai Woro dengan panjang maksimal 3 km dan Sungai Gendol dengan jarak maksimal 5 km. Sedangkan lontaran material jika terjadi letusan eksplosif dapat mencapai radius 3 km dari puncak.

“Dari data pantauan, masih terjadi aliran magma yang berpotensi memicu terjadinya awan panas guguran di wilayah yang berpotensi membahayakan,” tulis BPPTKG.

Sementara itu, BPPTKG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apa pun di kawasan yang berpotensi berbahaya dan mewaspadai bahaya lava dan awan panas jatuh (APG), terutama saat hujan turun di sekitar Gunung Merapi.



Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ar.-)

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Baca Juga  Atikoh Ganjar Pranowo di Konferensi Nasional Pramuka di Aceh disambut hangat: Okezone News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *