KY: Penyandang disabilitas yang berhadapan dengan hukum harus mendapat perlakuan khusus: National Okezone

Uncategorized29 Dilihat

JAKARTA – Selain rentan menjadi korban kekerasan, penyandang disabilitas juga kerap menghadapi diskriminasi ketika berhadapan dengan hukum.

Binziad Gaddafi, kepala departemen sumber daya manusia Komisi Yudisial, mengatakan lembaga penegak hukum, termasuk jaksa dan hakim saat ini, menyadari hal ini.

Ia mengatakan, kelompok penyandang disabilitas harus mendapat perlakuan khusus ketika berhadapan dengan hukum, baik sebagai korban, saksi, maupun tersangka.

“Di negara kita, beberapa kerangka hukum sudah diratifikasi dan menjadi undang-undang nasional, artinya sudah ada beberapa pihak yang terikat. “Peraturan tersebut menjelaskan hak-hak penyandang disabilitas ketika berhadapan dengan hukum, baik sebagai saksi, korban, bahkan tersangka,” kata Binziad Gaddafi, Minggu (16/06/2024).

“(Penyandang disabilitas melawan hukum) harus mendapat perlakuan khusus. Semua pihak harus teredukasi, termasuk hakim di Indonesia. Bagaimana kita bisa memperlakukan dan mendapatkan informasi yang optimal dari teman-teman penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sejumlah hal telah dilakukan KY untuk menjamin hak-hak kelompok penyandang disabilitas, salah satunya dengan membuat prototipe pengadilan yang sesuai bagi penyandang disabilitas.

“Saat ini kriteria untuk memenuhi akses bebas hambatan sudah mulai dipenuhi di kota-kota besar,” ujarnya.



Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Binziad Gaddafi diketahui menghadiri pemutaran film “Tegar” di Bioskop XXI Senayan City, Jakarta Pusat. Film Tegar bercerita tentang Tegar, seorang anak cacat yang tidak mendapat cukup kasih sayang dari orang tuanya.

Dalam kesempatan ini, seluruh pihak diajak untuk bersama-sama memperjuangkan hak penyandang disabilitas untuk mendapatkan pendidikan dan kesempatan yang setara.

Baca Juga  Bocah 7 Tahun Tewas, Alami Kekerasan Seksual Menyimpang Tersangka pelaku masih duduk di bangku SMA: Okezone News

“Tegar membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak bisa menghalanginya untuk menjadi aktor hebat. “Saya berharap setelah acara ini kita semua bisa menjadi agen perubahan bagi sahabat penyandang disabilitas,” kata Wakil Direktur Hukum dan Korporasi Kideco Erlangga Gaffar.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *