Karier politik Perdana Menteri Robert Fico yang ditembak mati oleh orang tak dikenal: Okezone News

Uncategorized66 Dilihat

BRATISLAVA – Perdana Menteri Republik Slovakia Robert Fico beberapa kali ditembak oleh orang tak dikenal usai acara politik pada Rabu (15/5/2024). Selama karir politik Fico yang panjang, hal ini terjadi pada perdana menteri untuk pertama kalinya.

Robert Fico langsung dibawa ke rumah sakit, menjalani operasi beberapa jam dan dalam kondisi kritis sepanjang malam. Namun, Wakil Perdana Menteri Tomáš Taraba mengatakan kepada BBC bahwa dia yakin Fico akan selamat dari serangan itu.

“Saat ini, nyawanya tidak dalam bahaya,” kata Tomas, dikutip Euro News.

Robert Fico memulai karir politiknya pada tahun 1986 ketika ia lulus di bidang hukum. Saat itu, Fico pertama kali terjun langsung ke dunia politik saat bergabung dengan Partai Komunis yang hanya bertahan hingga tahun 1989, tepat sebelum Revolusi Velvet.

Menurut Financial Express, Fico bertindak pada tahun 1990an sebagai perwakilan Republik Slovakia di hadapan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa dan Komisi Hak Asasi Manusia Eropa. Pada tahun 1992, Fico memasuki parlemen Slovakia untuk pertama kalinya untuk Partai Kiri Demokrat.

Fico mengalami kemunduran ketika ia diabaikan untuk jabatan menteri oleh Partai Kiri Demokrat pada tahun 1998. Dari situ, ia memutuskan keluar dari partai dan membangun partai sendiri bersama rekan-rekannya. Partai Robert Fico diberi nama Smer-sosial demokrat (Smer-SD).

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Partai Smer-SD yang dipimpin Fico memenangkan parlemen pada tahun 2006 dan dengan cepat membawa Fico ke jabatan perdana menteri. Fico menjadi perdana menteri selama 4 tahun hingga 2010.

Baca Juga  Aaliyah Massaid Kenang Adjie Massaid di Hari Ayah Nasional: Selebriti Okezone

Fico kembali menjabat sebagai Perdana Menteri pada tahun 2012 hingga 2018. Pada masa jabatan keduanya sebagai Perdana Menteri, Fico dicalonkan pada pemilihan presiden tahun 2014, namun kalah dari calon independen Andrej Kisko.

Robert Fico mengundurkan diri dari politik pada 14 Maret 2018. Menurut Wikipedia, Fico mengundurkan diri untuk menghindari pemilihan parlemen dini dan untuk menyelesaikan krisis politik terkait dengan pembunuhan jurnalis investigasi Ján Kuciak. Namun pada tahun 2023, Fico kembali dan memenangkan pemilihan parlemen dengan platform pro-Rusia dan anti-Amerika. Empat masa jabatan berturut-turut sebagai kepala pemerintahan Slovakia menjadikan Fico, menurut kantor berita Associated Press, kepala pemerintahan terlama dalam sejarah Slovakia, Uni Eropa dan NATO.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *