Kabar baik! Anak Badak Sumatera Lahir di Taman Nasional Way Kambas: Berita dari Okezone

Uncategorized140 Dilihat

LAMPUNG – Seekor badak sumatera jantan lahir di Suaka Badak Sumatera, Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), Lampung, Sabtu (25/11/2023).




Anak badak sumatera ini lahir dari induk badak sumatera bernama Delilah. Kabarnya, Delilah si badak melahirkan anaknya di luar waktu perkiraan, yakni pada Sabtu (25/11/2023) sekitar pukul 04.00 WIB atau pada hari ke-460 kehamilannya atau 10 hari lebih awal dari perkiraan persalinan.

BACA JUGA:

“Badak Delilah ditemukan bersama anaknya di hutan oleh petugas penjaga satwa SRS TNWK,” kata Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Satyawan Pudyatmoko dalam keterangannya, Minggu (26/11/2023).

Satyawan mengatakan, kondisi induk dan anak sapi tersebut terpantau dengan baik. Anak sapi tersebut kini dapat berdiri tegak dan berjalan. Sesaat setelah ditemukan, anak sapi tersebut sudah bisa menyusu sambil berdiri.

Saat ini induk dan pedetnya berada di kandang SRS TNWK (boma), sedangkan bobot pedetnya mencapai 25 kilogram.

“Dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Way Kambas bersama Yayasan Badak Indonesia, SRS TNWK terletak di Zona Khusus Taman Nasional Way Kambas. Tujuan utamanya adalah menghasilkan anak badak sumatera untuk menjaga kelangsungan hidup badak sumatera.” spesies yang kini terancam punah,” jelasnya.

“Ke depan, anakan badak sumatera hasil penangkaran di SRS TNWK dapat dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menjelaskan, dari penangkaran semi alami, saat ini SRS TNWK telah berhasil melahirkan lima ekor badak sumatera yaitu Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), anak ketiga Ratu -Andalas (30 September 2023) dan anak Delilah-Harapan (25 November 2023).

Baca Juga  Kunjungi Atlet Tenis Meja Indonesia Bersama Denny Sumargo, CdM Angela Tanoesoedibjo Bawa 2 Laporan Jelang Asian Para Games 2022: Okezone Sports

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


“Kita bersyukur atas kelahiran kelima di SRS TNWK. Kelahiran ini sekaligus merupakan kelahiran badak sumatera yang kedua kalinya di tahun 2023. Hal ini semakin menegaskan komitmen Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan upaya perlindungan badak di Indonesia khususnya. badak sumatera,” jelas Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

FYI, Rhino Delilah merupakan seekor badak sumatera betina yang berumur 7 tahun. Delilah merupakan kelahiran pertama yang berhasil dari ibu Delilah, yaitu pernikahannya dengan Harapan si badak.

Induk Delilah sendiri merupakan seekor badak yang lahir dari hasil kelahiran kedua Ratu Badak dan Badak Andalas di SRS TNWK pada tahun 2016.

BACA JUGA:

Badak Harapan jantan lahir dari pernikahan ketiga Emi dan Ipuh di Kebun Binatang Cincinnati, AS pada tahun 2007. Badak Harapan mulai menempati SRS TNWK pada tahun 2015.

Badak Harapan juga merupakan badak sumatera terakhir yang dipulangkan ke Indonesia, menandakan saat ini belum ada badak sumatera di luar Indonesia.

BACA JUGA:

Di sisi lain, Direktur Eksekutif YABI Jansen Manansang menambahkan, bayi badak Delilah yang melahirkan anak pertamanya merupakan hasil proses perkawinan alami di SRS TNWK.

Ke depan, Yayasan Badak Indonesia tetap berkomitmen untuk membantu dan mendukung penuh program dan upaya Pemerintah Republik Indonesia, khususnya upaya perlindungan badak di Indonesia.

Sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 106 Tahun 2018, Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia.

Baca Juga  7 Fakta Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 6,24 Triliun: Okezone Economy

Dalam Red List IUCN, status konservasi badak sumatera saat ini adalah Critically Endangered/CR.

“Kelahiran kelima di SRS TNWK ini menjadi semangat bagi kita semua untuk terus berupaya melestarikan badak sumatera,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *