Jokowi Hadiri Perayaan Natal Nasional 2023 Makna dan Filosofi Tema Batik Sawunggaling: Gaya Hidup Okezone

Uncategorized140 Dilihat

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) turut menghadiri Perayaan Natal Nasional 2023 yang digelar di Gereja Graha Bethany Nginden Surabaya pada Rabu (27/12/2023).

Saat itu, Jokowi tampil kompak dengan beberapa menteri kabinet Indonesia maju. Mereka terlihat mengenakan kemeja batik warna dasar hijau dengan hiasan motif batik Sawunggaling.

Desainer motif batik dan penggiat batik warna alami, Agnes Dwina Herdiasti mengatakan, batik motif Sawunggaling awalnya dipopulerkan oleh master batik Go Tik Swan asal Surakarta.

Selain itu, motif pada batik ini mempunyai makna dan filosofi yang cukup menarik. Agnes mengatakan Sawunggaling, atau ayam aduan. Makna tersebut merupakan gabungan dari bentuk ayam jago yang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita mirip dengan burung phoenix yang berasal dari Tiongkok.

“Sawunggaling yang artinya ayam aduan ini merupakan gabungan dari bentuk ayam jago yang dekat dengan keseharian masyarakat kita dan burung phoenix yang berasal dari China,” kata Agnes kepada MNC, Rabu (27/12/2023).

Selain itu, Agnes mengatakan, makna motif batik Sawunggaling juga merupakan jejak pengaruh berbagai seni dan budaya asing terhadap khazanah batik nusantara.

“Ini juga merupakan jejak pengaruh berbagai seni dan budaya asing terhadap khazanah batik nusantara,” ujarnya.

FYI, Perayaan Natal Nasional 2023 diawali dengan kebaktian pada pukul 17.00 – 18.00 WIB. Kemudian acara perayaan dilanjutkan yang diisi dengan berbagai pertunjukan musik dan tari pada pukul 18.30 – 20.00 WIB.

Tema Natal nasional kali ini adalah “Maha Suci Allah dan Damai di Bumi”.

Tema ini membawa pesan khusus, yaitu bagaimana perayaan Natal dapat menghadirkan perasaan cinta, gembira, dan damai. Perayaan Natal Nasional tahun 2023 ini sangat istimewa karena untuk pertama kalinya dilangsungkan secara offline sejak pandemi Covid-19.

Baca Juga  Transfer Virgoun dan Inara Rusli kembali bertemu 22 Maret: Okezone Celebrity

Baca juga: Makan enak dengan 7 rekomendasi restoran makan terbaik di Depok

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Perayaan Natal nasional ini juga dinilai sangat megah karena digelar di GBI Nginden Surabaya, kota pahlawan yang menjunjung tinggi toleransi. Sebelumnya, Ketua Panitia Nasional Natal dan Ibadah 2023 Menteri Budi Arie mengatakan, sekitar 16.000 jemaah dan tamu undangan menghadiri Perayaan Natal Nasional 2023.

Menurut dia, rangkaian perayaan tersebut diawali dengan kebaktian di gereja dan dilanjutkan dengan perayaan bersama yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Beberapa hal sudah difinalisasi dan kita harapkan nanti bisa diperluas. Total kapasitasnya 16.000 paduan suara dan tamu undangan, yang terdaftar 15.000 orang,” ujarnya.

Menkominfo berharap perayaan Natal nasional yang pertama di Surabaya ini dapat memberikan kesan tersendiri bagi umat Kristiani di seluruh Indonesia, khususnya yang mengikuti langsung rangkaian kegiatan di Gereja Bethany Nginden Surabaya.

Menurut Menteri Budi Arie, Kota Surabaya dipilih menjadi tempat penyelenggaraan Natal Nasional tahun ini setelah beberapa tahun sebelumnya diselenggarakan di luar Pulau Jawa.

“Sebelumnya Pak Presiden merayakan Natal di Jayapura, NTT, Manado, Medan, dan Palangkaraya. Jadi saya berharap besok kita bisa mengadakan ibadah dan perayaan Natal nasional dengan baik,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *