Joe Biden Bantah Genosida di Gaza, Tegaskan Israel dan Hamas Tidak Setara: Okezone News

Uncategorized63 Dilihat

GAZA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan tidak ada kesetaraan antara Israel dan Hamas. Biden melontarkan komentar tersebut sehubungan dengan langkah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang meminta surat perintah penangkapan terhadap dirinya dan para pemimpin Hamas atas dugaan kejahatan perang dalam konflik Gaza.

“Tapi biar saya perjelas, bertentangan dengan tuduhan Mahkamah Internasional terhadap Israel, yang terjadi bukanlah genosida,” jelasnya, dikutip BBC.

Komentar Biden juga senada dengan pernyataan Perdana Menteri Israel (PM) Benjamin Netanyahu yang marah dan mengkritik jaksa ICC yang berusaha menangkapnya terkait perang di Gaza.

Netanyahu mengatakan dia dengan muak menolak perbandingan Israel yang demokratis dengan apa yang dia sebut sebagai pembunuh massal.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menggemakan kecaman presiden tersebut, dengan mengatakan bahwa Washington pada dasarnya menolak tindakan tersebut. “Ini memalukan. ICC tidak punya yurisdiksi dalam hal ini,” jelasnya.

Blinken juga mengatakan meminta surat perintah penangkapan akan membahayakan upaya yang sedang berlangsung untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menyebut tindakan Ketua Jaksa ICC Karim Khan sebagai serangan frontal yang tidak terkendali terhadap para korban serangan 7 Oktober dan merupakan aib sejarah yang akan dikenang selamanya.

Hamas sebelumnya telah mengajukan tuntutannya sendiri agar semua surat perintah penangkapan yang dikeluarkan terhadap para pemimpin perlawanan Palestina dibatalkan.

“Hamas mengutuk keras upaya jaksa Pengadilan Kriminal Internasional yang membandingkan korban dengan algojo,” kata kelompok itu.

Baca Juga  Mengenal Mancanager Timur, wilayah pecahnya Kesultanan Mataram pasca dipartisi oleh VOC Belanda: National Okezone

Kelompok ini juga mengeluhkan permintaan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan Gallant yang diajukan terlambat tujuh bulan dan para pemimpin politik dan militer Israel lainnya tidak disebutkan namanya.

Khan menuduh para pemimpin Hamas melakukan kejahatan termasuk pemusnahan, pembunuhan, penyanderaan, pemerkosaan dan kekerasan seksual, serta penyiksaan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *