Jika kita memikirkan kasus bullying pada anak Vincent Rompies, hal ini perlu dilakukan oleh orang tua: Okezone kesehatan

Uncategorized78 Dilihat

KASUS Bullying yang menyeret putra Vincent Rompies itu mendadak muncul di media sosial. Tentu saja keadaan ini mencoreng dunia pendidikan di Tanah Air.

Berita dari American Psychological Association Selasa (20/2/2024) Bullying adalah perilaku yang dilakukan dengan sengaja untuk menindas orang lain dengan cara mengucilkan mereka. Biasanya kejadian ini sering terjadi di sekolah atau tempat kerja yang menerapkan senioritas.

Tak hanya itu, bullying juga bisa dilakukan secara online, kondisi ini disebut dengan cyberbullying. Untuk itu, pentingnya peran orang tua dalam kondisi seperti ini juga tidak kalah pentingnya. Karena secara tidak langsung dapat menghentikan atau mencegah perundungan yang terjadi di lingkungan.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua ketika anaknya terlibat bullying?

1. Hentikan penindasan sebelum dimulai


Didiklah anak Anda tentang penindasan. Mungkin saja anak Anda kesulitan membaca isyarat sosial dan tidak mengetahui apa yang mereka lakukan adalah hal yang menyakitkan. Ingatkan anak Anda bahwa menindas orang lain dapat menimbulkan konsekuensi hukum.

2. Jadikan rumah Anda tempat yang nyaman

Anak-anak mempelajari perilaku ini melalui orang tuanya. Mereka biasanya berperilaku agresif atau lingkungan yang terlalu ketat di rumah membuat anak lebih rentan terhadap bullying di sekolah. Orang tua atau pengasuh harus memberikan contoh positif kepada anak Anda dalam hubungan dengan dan dengan orang lain.

3. Carilah masalah harga diri

Anak-anak dengan harga diri rendah sering kali melakukan intimidasi untuk membuat dirinya merasa lebih baik. Bahkan anak-anak yang terlihat populer dan populer pun bisa memiliki kecenderungan melakukan kekerasan. Perilaku buruk harus ditindak oleh orang tua disertai dengan tindakan disiplin.


Baca Juga  Cyberity menempatkan aliran data dan sistem penyimpanan data KPU Sirekap yang berlokasi dan diatur di Tiongkok: National Ocean Zone

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi orang tua dari anak yang menjadi korban bullying, seperti:

1. Perhatikan anak Anda terhadap tanda-tanda bahwa ia mungkin ditindas

Anak mungkin tidak selalu angkat bicara saat mengalami perundungan di sekolah, namun Anda mungkin mewaspadai kondisi tersebut jika melihat gejala seperti baju robek, anak enggan berangkat sekolah, nafsu makan menurun, mimpi buruk, menangis, atau depresi dan kecemasan umum.

2. Ajari anak Anda menangani perundungan

Bantu anak Anda mengidentifikasi guru dan teman yang dapat membantu jika mereka khawatir tentang penindasan.

3. Tetapkan batasan dengan teknologi

Didik anak-anak Anda dan diri Anda sendiri tentang penindasan maya dan ajarkan anak-anak Anda untuk tidak menanggapi atau meneruskan email yang mengancam di Facebook dan platform media sosial lainnya dan mengatur filter yang sesuai di komputer anak Anda.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *