Jalur Makanan dan Minuman Pereda Diare: Okezone Health

Uncategorized71 Dilihat

DIARE ini adalah salah satu penyakit yang menunggu kita saat cuaca ekstrem. Tentu saja penyakit ini akan sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Diare sendiri bisa disebabkan oleh virus atau bakteri di usus besar yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Diare sering terjadi pada banyak orang, terutama mereka yang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi virus atau bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, Shigella, dan E. Coli yang menyebabkan tinja menjadi encer.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu meringankan gejala diare, dikutip dari Cleveland Clinic, Jumat (16/2/2024)

1. Makanan asin

Garam mengandung natrium, yang membantu menjaga kadar cairan. Salah satu makanan asin yang bisa dikonsumsi adalah telur asin. Telur asin mengandung kadar garam yang tinggi dengan fungsi yang sama dengan cairan oralit, dimana air, gula dan garam dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi pada penderita diare. Kandungan protein yang tinggi pada telur juga bisa menjadi makanan yang tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

2. Diet SAUDARA


Ikuti diet BRAT (pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang) saat Anda mengalami diare. Pisang, pati dalam pisang dapat membantu menyerap air di usus besar, yang berfungsi mengencangkan tinja. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium, elektrolit utama yang hilang akibat diare. Nasi putih Dibandingkan nasi merah, nasi putih lebih mudah dicerna lambung.

Gunanya, cobalah mengonsumsi roti tawar tawar yang lebih mudah dicerna dibandingkan roti gandum utuh. Mengonsumsi beberapa makanan ini merupakan cara alternatif yang cepat dan efektif untuk mengencangkan feses Anda.

3. Minuman elektrolit

Diare dapat menyebabkan kehilangan banyak cairan dalam sehari, yang dapat menyebabkan dehidrasi dengan cepat. Kecukupan cairan dan nutrisi bagi tubuh sangat penting untuk menghindari komplikasi. Minuman elektrolit mengandung natrium dan gula yang tinggi, dan natrium dapat memperlambat kehilangan cairan dan membantu retensi cairan. Sedangkan gula membantu tubuh menyerap natrium.


Baca Juga  Wabah Antraks Kembali Melanda Gunungkidul, Pakar Jelaskan Alasannya: Okezone Health

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Probiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu usus pulih dari infeksi diare. Bakteri hidup dalam probiotik membantu memulihkan bakteri usus bermanfaat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mikrobioma usus.

Yogurt, kefir, tempe, acar, atau kombucha bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi diare. Meski beberapa di antaranya merupakan produk susu yang biasanya dilarang, ada juga beberapa yang aman dikonsumsi saat diare.

5. Makanan hambar

Selain makanan di atas, masih ada beberapa makanan lain yang juga lembut untuk perut Anda, antara lain oatmeal, sereal kering, kentang rebus atau panggang, bahkan ayam panggang.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *