Itu sebabnya Singkawang dinobatkan sebagai kota paling toleran: Okezone Travel

Uncategorized124 Dilihat

KOTA Singkawang disebut sebagai kota paling toleran di Indonesia. Ia bahkan meraih gelar ini tiga kali berturut-turut, sesuatu yang bisa dibanggakan kota ini.

Terletak di Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 145 km sebelah utara Pontianak, Singkawang memiliki kekayaan sejarah, dimulai dari kehadiran bangsa Tionghoa di masa lalu.

Judul ‘SingkawangDipercaya berasal dari bahasa Hakka yaitu “San Kew Jong” yang berarti kota yang terletak di antara laut, muara, gunung dan sungai. Kota ini dikenal dengan berbagai nama, mulai dari “Kota Amoy” hingga “Hong Kong Van Borneo”.

Lalu kenapa Singkawang disebut sebagai kota paling toleran? Ya, salah satu ciri khas Singkawang adalah tingkat kerukunan antar umat beragama yang sangat tinggi.

Mayoritas penduduknya terdiri dari etnis Tionghoa, Dais, dan Melayu yang hidup berdampingan secara damai dan harmonis.

(Foto: Instagram/@junn_078)

Hal ini merupakan cerminan keberhasilan Singkawang dalam menjaga keberagaman budaya dan agama sehingga berkontribusi besar terhadap peringkatnya sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Di Singkawang, tingkat toleransi beragama ditunjukkan dengan keberadaan Vihara Tri Dharma Bumi Raya atau dikenal dengan nama Pekong Toa yang konon sudah ada selama 200 tahun (2 abad).

Vihara ini terletak di seberang Masjid Agung yang merupakan salah satu masjid terbesar di Amoy dan telah berdiri sejak tahun 1885.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Parade Tatung yang berlangsung saat perayaan Cap Go Meh disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia. Acara ini mencerminkan keberagaman budaya yang ada di Singkawang, dengan perpaduan unsur budaya Tionghoa dan Dayak, menjadikan kota ini sebagai miniatur Indonesia yang kaya akan keberagaman.

Baca Juga  10 Saham Melemah Diantara Pecundang Terbesar Minggu Ini: Okezone Economy

Berdasarkan laporan Setara Institute yang menerbitkan daftar kota toleran sejak tahun 2015, terdapat 10 kota yang mendapat nilai toleransi tertinggi dari total 94 kota yang dievaluasi.

Infografis kota paling ramah di dunia

Singkawang menduduki peringkat pertama dengan skor 6.583, disusul Salatiga di Jawa Tengah dengan skor 6.417 dan Bekasi di Jawa Barat dengan skor 6.080.

Kota lain yang masuk dalam daftar ini antara lain Surakarta, Kediri, Sukabumi, Semarang, Manado, Kupang, dan Magelang. Prestasi inilah yang membuat Singkawang dinobatkan sebagai kota paling toleran.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *