Israel membunuh 364 petugas medis dan 32 rumah sakit di Gaza: Okezone health

Uncategorized42 Dilihat

JURI Dalam wawancara dengan Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf Al Qudra mengatakan, 364 petugas kesehatan telah dibunuh oleh tentara Israel sejak 7 Oktober 2023. Sebanyak 269 di antaranya merupakan direktur rumah sakit di Khan Younis dan Gaza Utara.

Dalam aksi tersebut, Qudra menambahkan, sebanyak 155 fasilitas kesehatan hancur, sehingga 32 rumah sakit dan 53 puskesmas tidak dapat berfungsi lagi. Dia mencatat bahwa situasi kesehatan di Gaza sangat buruk dan memburuk karena kurangnya bantuan medis.

“Penduduk Israel dengan sengaja menyebabkan bencana kemanusiaan dan kesehatan yang tak terhitung jumlahnya yang berkontribusi pada penyebaran epidemi dan penyakit menular,” kata Qudra seperti dikutip situs Middle East Monitor, Rabu (6/3/2024).

Tak hanya itu, Qudra juga menyebutkan Kementerian Kesehatan mencatat ada kurang lebih satu juta penyakit menular yang saat ini memerlukan pengobatan namun belum tersedia.

Situasi semakin diperumit dengan penduduk Gaza utara yang berjuang melawan kelaparan. Minimnya air minum dan makanan menyebabkan puluhan nyawa anak-anak, perempuan, dan orang tua melayang satu per satu.

Pejabat Palestina kini hanya meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengaktifkan hukum humaniter internasional untuk melindungi warga sipil, institusi, dan tim medis di sana agar terhindar dari bencana kemanusiaan yang lebih buruk lagi.

Di sisi lain, menurut laporan Anadolu, kelompok Palestina dan Hamas menolak tuduhan bahwa utusan khusus PBB untuk pejuang mereka melakukan pelecehan seksual terhadap wanita Israel dalam serangan lintas negara pada 7 Oktober 2023.

Perwakilan PBB Pramila Patten mengatakan ada banyak alasan yang tidak masuk akal atas tuduhan kekerasan seksual, seperti pemerkosaan, yang terjadi selama serangan Hamas. Karena itu, Hamas menampik tuduhan utusan PBB tersebut sebagai tuduhan palsu atau tidak benar.


Baca Juga  Dampak kesehatan dari kurang tidur dapat mengganggu konsentrasi otak: Okezone health

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

“Berita ini muncul setelah kegagalan Israel dalam membuktikan tuduhan palsu yang menjelek-jelekkan perlawanan Palestina dan menutupi pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel terhadap perempuan dan anak perempuan Palestina,” katanya.

“Tuduhan palsu ini tidak akan menghapus keburukan dan kengerian kejahatan Israel di Jalur Gaza,” kata Hamas.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *