Inul Daratista Konsumsi Biji Pepaya, Ternyata Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan : Okezone Health

Uncategorized152 Dilihat

KEHIDUPAN Tentu saja artis tersebut selalu menjadi sorotan dan diperbincangkan di media sosial. Salah satunya Inul Daratista yang baru-baru ini mencuri perhatian karena mengonsumsi buah pepaya beserta bijinya.

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok penggemar diva dangdut tersebut. Dalam video tersebut, Inul terlihat sedang bersantai di rumah di meja makan dan papa.

“Makanan sehat malam ini, bangun karena siang tidur, dari pagi sudah kerja,” kata Inul dalam video tersebut.

Lalu Inul memakan sepotong pepaya yang gurih. Ia pun mengevaluasi rasa buahnya.

“Enak banget, manis, pahit. Makan bijinya oke, tinggi vitaminnya,” kata Inul.

Video tersebut menjadi viral dengan lebih dari 5,3 juta penayangan, 57,4 ribu suka, dan ribuan komentar. Tak sedikit pula di antara mereka yang memungut biji pepaya untuk kemudian dikonsumsi oleh pemilik Goyang Gebor.

Jadi bisakah Anda makan pepaya? Dan apa saja manfaat kesehatannya?

Ahli epidemiologi Indonesia dan peneliti dari Griffith University Australia, Dr. Dicky Budiman, M.Sc.PH menjelaskan, biji pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebab biji pepaya mengandung antioksidan yang tinggi.

“Kalau bicara antioksidan, bisa bermanfaat mencegah kanker, mencegah gangguan kesehatan secara umum, dan juga memberikan manfaat bagi banyak organ,” kata Dr Dicky saat dihubungi MNC, Rabu (13/12/2023).

Ikuti berita Okezone berita Google


Melihat banyaknya manfaat biji pepaya bagi kesehatan, Dr Dicky mengatakan biji pepaya sering digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Afrika dan Asia.

“Biasanya untuk mengobati penyakit jamur, parasit dan cacingan,” imbuhnya.

Namun, lanjut Dr. Dicky, perlu diingat, biji pepaya bukanlah sesuatu yang bisa dikonsumsi secara cuma-cuma. Menurut penelitian, ada takaran seseorang dalam mengonsumsi biji pepaya.

Baca Juga  Gerindra Pertimbangkan 2 Kadernya Maju di Pilgub Jakarta: Zona Laut Nasional

“Sebuah penelitian merekomendasikan tidak lebih dari satu sendok teh atau paling banyak satu sendok makan sehari,” ujarnya.

Meski baik untuk kesehatan, tentu konsumsi biji pepaya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Biji pepaya juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui, karena berdampak buruk pada bayi.

“Pada pria juga bisa mengganggu fungsi testosteron. Itu yang selama ini ditemukan, kalau konsumsi makanan berlebihan itu berbahaya, belum tentu apa yang ada di alam itu baik, masih ada aturan cara mengonsumsinya. biasa saja dan tidak berlebihan,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *