Hindari Ancaman Peretasan, UMKM Diharapkan Melek Keamanan Siber: Okezone techno

Uncategorized105 Dilihat

JAKARTA – Ancaman peretas di dunia maya juga menyasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Setidaknya, ancaman ini menuntut UMKM untuk sadar akan keamanan siber.

Country Manager Palo Alto Indonesia Adi Rusli mengungkapkan bahwa peretas tidak pernah berhenti mengembangkan strategi serangannya. Bahkan, mereka disebut semakin kreatif dalam bertindak.

Adi mengatakan, saat ini para peretas tidak hanya menyasar perusahaan-perusahaan besar saja yang menjadi sasaran operasinya, namun juga perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Situasi ini menjadi lebih serius karena sebagian besar UKM masih memandang keamanan siber sebagai upaya jangka pendek.

Berbicara kepada media, Senin (18/09/2023), Adi mengatakan sudah saatnya para pelaku UMKM lebih melek dalam menjaga perusahaannya aman dari serangan hacker. Menurutnya, hal itu harus dilakukan untuk mengimbangi serangan yang terjadi.

“Banyak usaha kecil dan menengah di ASEAN, termasuk Indonesia, yang berperan penting dalam mendukung perekonomian negara. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk selalu memperbarui sistem keamanannya,” kata Adi.

“Hal ini tentunya harus dibarengi dengan strategi tanggap insiden yang dapat ditindaklanjuti sebagai langkah awal perbaikan strategi keamanan,” imbuhnya.

Selain itu, Adi mengatakan sangat penting untuk meningkatkan fokus pada otomatisasi proses keamanan siber yang sudah diterapkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan dan tingkat kepercayaan diri dalam menghadapi serangan siber.

“Kepercayaan perusahaan terhadap langkah pertahanan keamanan siber yang dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan telah dan akan tahan terhadap berbagai jenis ancaman siber yang semakin berkembang,” tutupnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


(KBÚ)

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Baca Juga  4 Desember 2023 Horoskop Gemini dan Kanker: Gaya Hidup Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *