Hari ini KPU RI menggelar rapat koordinasi membahas teknis pendaftaran calon presiden dan wakil presiden: National Okezone

Uncategorized179 Dilihat

JAKARTA – Komisaris KPU RIIdham Kholik mengatakan pihaknya akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan partai politik (paprol) di sebuah hotel di Jakarta pada Kamis (12/10/2023) sore.

Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai rincian teknis dan mekanisme pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden jelang pemilu 2024.




Rapat koordinasi dengan partai politik pada 12 Oktober sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 222 UU Nomor 7 Tahun 2017, kata Idham Kholik melalui pesan singkat, Kamis (12/10/2023).

Dijelaskannya, berdasarkan Pasal 222 UU No. 7 Tahun 2017, pasangan calon (paslon) yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik harus memperoleh minimal 20% suara di DLR dan 25% suara sah tingkat nasional di DLR. pemilu sebelumnya.

Pasal 222 berbunyi sebagai berikut: Pasangan calon diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang bertarung dalam pemilu yang memenuhi syarat untuk memperoleh kursi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah seluruh kursi DĽR atau untuk memperoleh 25% (dua puluh lima persen) suara sah di tingkat nasional pada pemilihan anggota DĽR sebelumnya,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


(ehem)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pagi tadi, polisi memberlakukan lalu lintas satu arah di kawasan Puncak Bogor: Okezone Megapolitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *