Hari Demam Berdarah ASEAN 2024 Diperingati pada 15 Juni, Begini Sejarahnya: Okezone Health

Uncategorized39 Dilihat

HARI Demam Berdarah Dengue ASEAN 2024 diperingati pada tanggal 15 Juni. Peringatan tahun ini mengusung tema “Ayo wujudkan Indonesia bebas DBD”. Tema ini berarti pendekatan optimis dan upaya besar dalam pemberantasan nyamuk dan pencegahan demam berdarah.

Kami juga berharap peringatan Hari DBD ASEAN dapat mendorong masyarakat untuk bekerja sama mewujudkan program zero death/0 DBD pada tahun 2030 di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Lalu bagaimana sejarah peringatan Hari Demam Berdarah ASEAN 2024? Berikut ikhtisarnya dikutip dari situs Kementerian Kesehatan RI.

ASEAN merupakan organisasi yang memelopori penetapan Hari Demam Berdarah Dengue. Hari Demam Berdarah ASEAN secara resmi diperingati pada tanggal 15 Juni 2010. Hari Demam Berdarah ASEAN (ADD) digagas pada KTT ke-19 di Hanoi, Vietnam pada tanggal 30 Oktober 2010.

Selanjutnya, Indonesia memelopori peringatan Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN pada tanggal 15 Juni 2011. Deklarasi Jakarta Menentang Demam Berdarah Dengue (DBD) disepakati oleh 11 negara ASEAN untuk memperkuat kerja sama dan komitmen regional dalam upaya pengendalian demam berdarah.

Adanya Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Demam Berdarah Dengue. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporannya yang bertajuk “Strategi Global WHO untuk Pencegahan dan Pengendalian Dengue 2012-2020” menyebutkan bahwa sebagian besar negara di Asia Tenggara merupakan negara endemis penyakit demam berdarah.

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan 49.563 kasus DBD terdeteksi pada 1 Januari hingga 27 April 2020, dengan prevalensi tertinggi di Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Lampung, dan Jawa Timur. Kasus terbanyak berada di Provinsi NTT (4.493 kasus), khususnya di Kabupaten Sikka yakni 1.529 kasus.

Pada tahun 2024, masyarakat terus diminta untuk mewaspadai siklus lima tahun penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang memiliki tren/tren peningkatan kasus. Sebab, kasus DBD sangat erat kaitannya dengan kondisi alam. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Baca Juga  CEO IBL mengumumkan penerapan 3 aturan baru di IBL 2024: Okezone Sports

Seperti diketahui, demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Virus Dengue dibagi menjadi empat jenis yaitu HARI 1, HARI 2, HARI 3 dan HARI 4.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Leo.-)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *