Gempa M6.7 Pulau Karatung, BMKG: Akibat Deformasi Lempeng Laut Filipina: National Oceanic

Uncategorized107 Dilihat

JAKARTA gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,7 mengguncang Pulau Karatung di Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (10/4/2023) pukul 18.21.48 WIB.

Episentrum gempa terletak pada koordinat 5.36°LU, 126.18°BT atau tepatnya di laut pada jarak 120 km barat laut Pulau Karatung Sulawesi Utara pada kedalaman 132 km.

“Jika kita memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa yang terjadi merupakan gempa berukuran sedang akibat terjadinya deformasi batuan di Lempeng Laut Filipina,” kata Daryono, Kepala Bidang Gempa dan Gempa BMKG. Pusat Tsunami. , dalam pernyataannya.

Daryono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini telah memperbarui parameter dengan magnitudo M6,4. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa mempunyai mekanisme pergerakan gaya dorong miring, ujarnya.

Gempa tersebut, lanjutnya, berdampak dan dirasakan di wilayah Sangihe dengan skala intensitas III-IV MMI (Getarannya sangat terasa hingga ke dalam rumah. Getarannya terasa seperti ada truk yang lewat), Morotai Selatan dan kawasan Sitaro dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda lampu gantung berayun).

“Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 18.40 WIB, hasil pemantauan BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan, kata Daryono.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sekaligus, ia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh topik-topik yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk mencegah bangunan retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan yang Anda tempati cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat gempa yang mengancam kestabilan bangunan, sebelum Anda kembali ke rumah,” sarannya.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Baca Juga  Relawan Ganjar bangkitkan kembali semangat sportivitas: Okezone News

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *