Ganjar Pranowo targetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 7%: Economy Okezone

Uncategorized150 Dilihat

JAKARTA – kandidat presiden (Bacapres), yang didukung oleh Partai Perindo, Ganjar Pranowo menguraikan strategi ambisiusnya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan target mencapai pertumbuhan hingga 7% per tahun.

Ganjar mengatakan kunci utama untuk mencapai tujuan tersebut adalah memberikan kepastian hukum dan menjamin penegakan hukum yang kuat, dengan harapan investasi dapat masuk ke Indonesia, mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Jadi kita dorong, kita bicara dengan salah satu pengusaha agar bisa berkembang: kepastian dan penegakan hukum. Ini harus diselesaikan, pemerintah bersih, bergerak sendiri, itu menarik karena dia pengusaha. ,” dia berkata. Ganjar, dikutip Selasa (14/11/2023)

Dalam dokumen visi dan misi Menuju Indonesia Tinggi, Ganjar dan calon wakil presidennya Mahfud MD mematok target rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 7%.

Ganjar mengatakan angka tersebut bukan tanpa dasar dan telah dibicarakan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang meminta strategi mengatasi middle income trap.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Kok pertumbuhan ekonominya sampai 7%? Sebelum pandemi kita sudah ngobrol dan ngobrol sama Sri Mulyani, ‘Pak Ganjar, siapkan’, kalau tidak kita yang berpendapatan menengah akan terjebak,” ujar Ganjar.

Untuk mencapai tujuan ambisius tersebut, Ganjar dan Mahfud merinci strategi inklusif seperti peningkatan peran koperasi dan usaha kecil dan menengah, mendukung bisnis baru di seluruh Indonesia, memanfaatkan infrastruktur, memperkuat ekonomi digital, mengelola ekonomi hijau-biru, dan mendukung ekonomi global. pertumbuhan industri manufaktur sebesar 7,5-8%.

“Rata-rata pertumbuhan ekonomi mencapai 7% – Rencana mengatasi middle income trap secara inklusif antara lain dengan meningkatkan peran koperasi dan usaha kecil menengah, mendukung usaha baru di seluruh Indonesia, menggunakan infrastruktur, mengembangkan ekonomi digital, mengelola lingkungan hijau -ekonomi biru dan pertumbuhan industri manufaktur pada kisaran 7,5-8%,” tulis Ganjar dalam visi misinya, dikutip Selasa (14/11/2023).

Baca Juga  Justin Hubner Keluarkan Ancaman Jelang Laga Piala Asia 2023 Indonesia Vs Jepang: Kita Lebih Kuat Meski Tim Termuda! : Okezone Dia

Selain itu, keduanya berjanji akan menyusun strategi pembangunan ekonomi yang menjamin perekonomian bergerak cepat, adil, dan merata, dengan fokus utama pada pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan efisien untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian nasional.

Sebagai catatan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2023 mencapai 4,94%, berada di atas perkiraan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiya.

Perry memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini berada pada kisaran 4,5-5,3%. Meski realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan III 2023 meleset dari perkiraan, Perry menegaskan perkiraan pertumbuhan ekonomi tersebut sesuai dengan anggaran tahunan Bank Indonesia (ATBI) sebesar 5,01%.

Perry juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5% pada tahun 2024, ditopang oleh kenaikan gaji ASN, terselenggaranya pemilu pada tahun 2024, dan berkembangnya IKN.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *