Distributor Tembakau Sintetis di Depok Terancam Hukuman Seumur Hidup: Okezone Megapolitan

Uncategorized29 Dilihat

DEPOT – Satgas Anti Narkoba Polres Metro Depok berhasil menangkap satu orang pelaku perdagangan manusia dan seorang penyusunnya narkotika sejenis tembakau sintetis berinisial SH di kawasan Tugu, Cimanggis, Kota Depok.

Kapolres Metro Depok Kompol Arya Perdana mengatakan, pelaku dijerat dengan dakwaan berlapis dengan ancaman hukuman maksimal penjara seumur hidup.

“Kami menangkapnya dan menjeratnya dengan pasal 114 ayat (1) dan pasal 113 ayat (1). Ancaman hukumannya minimal 5 tahun dan paling lama penjara seumur hidup. Maksimal penjara seumur hidup, mudah-mudahan nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, ” dia berkata. Arya pada Kamis (20/6/2024) di Mapolres Depok.

BACA JUGA:

Arya menjelaskan, pelaku yang beraksi sendirian awalnya kerap membeli ganja dari akun media sosial anonim yang kemudian ditawari untuk meracik narkotika tembakau sintetis.

“Pengedar ini menjual tembakau sintetis ini, awalnya dia membeli ganja di salah satu akunnya, akun ini bernama Setexabadi. Lalu suatu saat, tepatnya tanggal 4 Juni 2024, dia dipanggil untuk mengambil ganja, betul, dia menghitung di Setexabadi dan mengambil cairan kimia tersebut di kawasan Roxy, Jakarta Barat. Dia kemudian disuruh mencari persewaan yang nantinya akan digunakan tersangka untuk meracik tembakau sintetis,” ujarnya.

BACA JUGA:

Terjerat kasus narkoba, Virgoun masih diperiksa polisi

“Tersangka mendapat uang sekitar Rp 600 ribu, lalu mendapat uang Rp 500 ribu lagi untuk mencari tembakau dan alat Miss Brand. ‘tidak tahu ukuran khusus ini “sebutkan dosisnya. Nanti setelah habis baru dijual tembakau sintetisnya,” imbuhnya.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Sejarah Pendidikan Airlangga Hartarto Lulus dari USA ke Australia: Okezone Edukasi

Arya mengatakan, 1 kilogram tembakau sintetis memiliki nilai jual lebih dari Rp 1 miliar. Penangkapan itu menyelamatkan ribuan nyawa.

“Kalau dihitung 1 kilogram barang ini, 1 kilogram itu kurang lebih nilainya sekitar Rp 1 miliar. Jadi satu gramnya bisa untuk tiga orang, kalau tidak salah. Jadi kalau bisa, cukup banyak yang kita sita. buktinya cuma ada 1000 gram”. Kurang lebih 1 kilogram yang kita sita, kalau dipakai semua bisa cukup untuk 1.500 orang. Jadi efeknya luar biasa. Dengan menyita satu kilogram, kita bisa menyelamatkan 1.500 orang,” ujarnya.

Sekadar informasi, Arya juga didampingi Kasat Narkoba Polres Metro Depok AKP Nirwan Pohan dan Kasat Humas Polres Metro Depok Iptu Made Budi. Sejumlah barang bukti juga diamankan berupa tembakau murni, alat pencampur berupa gelas takar dan bahan kimia, serta tembakau sintetis jadi.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *