Diagnostik medis versus diagnostik komprehensif Mana yang lebih baik? Mari pelajari perbedaannya! : Okezone kesehatan

Uncategorized27 Dilihat

DI DALAM Dalam dunia kesehatan, sering kali kita menjumpai dua pendekatan utama dalam mendiagnosis dan menangani masalah kesehatan. Kedua pendekatan tersebut adalah diagnosis medis dan pendekatan holistik.

Diagnosis medis umum digunakan oleh dokter konvensional untuk menentukan secara akurat jenis penyakit atau kondisi medis yang dialami pasien tertentu.

Sama seperti jika seseorang mengalami masalah paru-paru, seperti kesulitan bernapas atau batuk terus-menerus, dokter akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui penyebab pastinya.

Hal ini disebabkan oleh kanker, infeksi tertentu seperti TBC paru, atau mungkin kondisi lain seperti atelektasis. Pendekatan ini sangat penting, karena pengobatan yang diberikan akan sangat bergantung pada diagnosis spesifik ini.

Obat-obatan farmasi yang diberikan biasanya ditujukan untuk mengatasi masalah tertentu secara langsung. Di sisi lain, pendekatan holistik seperti herbal, suplemen atau nutraceuticals ditekankan oleh Dr. Cahyono tidak terlalu spesifik sebagai diagnosis medis.

Melansir dari rekaman video Dr. Cahyono di akun Instagram pribadinya pada Kamis (20 Juni 2024), pakar pengobatan holistik, dr. Cahyono mengatakan pendekatan holistik tidak hanya ditujukan untuk menyembuhkan gejala yang terlihat, tetapi juga meningkatkan keseimbangan alami tubuh dan menjaga kesehatan jangka panjang.

Proses diagnostik dalam pengobatan holistik sering kali melibatkan identifikasi penyebab yang mendasarinya, bukan hanya gejala yang terlihat. Misalnya, jika seseorang mengalami kesulitan bernapas, pendekatan holistik akan mencoba menemukan akar penyebabnya, seperti pola makan yang tidak sehat, paparan racun, atau stres emosional yang berkepanjangan.

Dr Cahyono menjelaskan, pengobatan holistik seringkali melibatkan beberapa tahapan penting. Fase pertama adalah detoksifikasi, yaitu proses pembersihan tubuh dari racun dan zat-zat yang berpotensi membahayakan kesehatan. Detoksifikasi ini dapat menyasar organ tertentu, seperti paru-paru, jika ditemukan kelainan di sana.

Baca Juga  Sederet Keuntungan Tambahan Kartu Kredit MNC Bank, Sederet Promosinya: Okezone Economy

Fase kedua berikutnya adalah pertahanan, menyeimbangkan sistem imun tubuh. Dr Cahyono menegaskan, fase ini bukan hanya tentang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melainkan membangun keseimbangan yang sehat dalam respon imun tubuh terhadap berbagai rangsangan.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Tahap terakhir adalah recovery atau pemulihan, dimana tujuan utamanya adalah mengembalikan fungsi tubuh secara keseluruhan ke kondisi optimal. Pendekatan ini tidak hanya berupaya menghilangkan gejala, tetapi juga mengembalikan fungsi alami tubuh agar dapat berfungsi secara maksimal.

Oleh karena itu, diagnosis medis dan pendekatan holistik memainkan peran penting dalam dunia kesehatan saat ini. Dr Cahyono menekankan bahwa menggabungkan kedua pendekatan ini dapat memberikan solusi yang lebih komprehensif dan efektif bagi banyak pasien, terutama dalam memperbaiki kondisi kronis atau menjaga kesehatan jangka panjang.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *