Dana pariwisata Indonesia dapat Rp 2 triliun, kata Sandiaga bukan dari pemblokiran anggaran: Okezone Economy

Uncategorized24 Dilihat

JAKARTA – Pemerintah menggelontorkan dana khusus pariwisata sebesar Rp2 triliun atau Indonesia Tourism Fund (ITF). Dana segar telah dialokasikan untuk mempromosikan pariwisata Tanah Air melalui berbagai event global.

Pihak berwenang menargetkan dana pariwisata Indonesia bisa diresmikan pada 2024 setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden (Perpres) pada awal Maret mendatang.



Lalu dari mana dana Indonesia Tourism Fund berasal?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan anggaran Dana Pariwisata Indonesia tidak berasal dari penyesuaian otomatis, meski pemerintah melalui Kementerian Keuangan memblokir anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) dengan kebijakan ini. Rp 50,14 triliun selama tahun 2024.

“Target (anggaran) alokasinya sekitar Rp2 triliun, jadi tidak ada kaitannya dengan penyesuaian otomatis,” kata Sandi saat konferensi pers di gedung Kementerian Koordinator Kelautan dan Perikanan, Rabu (02/07/2024).

Ia menjelaskan, kebijakan penyesuaian otomatis merupakan cara pemerintah menjaga disiplin fiskal, mengantisipasi situasi keuangan, perlambatan ekonomi global, dan menghadapi berbagai situasi yang timbul akibat ketegangan geopolitik global.

Kebijakan pembekuan anggaran K/L senilai Rp50,14 triliun sudah berlaku sejak awal tahun ini. Bahkan, dana hasil pemblokiran ini sebagian akan dialokasikan untuk anggaran bantuan sosial (bansos) dan subsidi pupuk.

Nilai subsidi pupuk yang dibayarkan pemerintah selama tahun 2024 sebesar Rp 14 triliun.

Meski ada realokasi anggaran berdasarkan kebijakan penyesuaian otomatis, Sandiaga Uno menegaskan hal itu tidak ada hubungannya dengan sumber pendanaan awal dari Indonesia Tourism Fund.

“Karena penyesuaian otomatis dilakukan di awal tahun. “Ini untuk disiplin fiskal kita dan kesiapan kita menghadapi situasi keuangan, perlambatan ekonomi global, serta beberapa perkembangan,” jelasnya.

Sementara Dana Pariwisata Indonesia akan menjadi sumber anggaran baru di sektor pariwisata nasional, khususnya untuk membiayai kegiatan seperti MotoGP. Selain itu, ini juga merupakan katalisator bagi peristiwa-peristiwa global lainnya.

Baca Juga  Perdana Menteri baru Thailand berjanji untuk mengakhiri penggunaan ganja gratis dalam waktu 6 bulan: Okezone News

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Sandiaga Uno sendiri tidak membeberkan asal usul dan dari mana pembiayaan Dana Pariwisata Indonesia, selama lembaga tersebut membiayai berbagai kegiatan di bidang pariwisata.

“Untuk Dana Pariwisata, saya baru memberitahu Pak Presiden minggu lalu, ini sedang atau sedang difinalisasi dan kita berharap bisa mempercepat pengalokasiannya karena awalnya hanya sekitar Rp 2 triliun untuk mendukung event. seperti ini,” jelasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *