Dampak kesehatan dari kurang tidur dapat mengganggu konsentrasi otak: Okezone health

Uncategorized174 Dilihat

Kesibukan dan tenggat waktu kerja yang singkat membuat seseorang mempunyai sedikit waktu untuk mengistirahatkan badannya. Mereka bahkan harus kembali beraktivitas keesokan harinya.

Namun, ada beberapa pendapat yang mengaitkan kurang tidur dengan begadang semalaman sehingga memengaruhi kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Kondisi ini membuat seseorang mudah lupa.

Lantas benarkah kurang tidur menyebabkan gangguan kesehatan yang berdampak pada otak? Terkait hal tersebut, perawat sekaligus pendidik pola hidup sehat Rizal Do memberikan penjelasan terkait risiko yang terjadi.

“Jadi begini, saat kita tidur malam, biasanya kita mengalami beberapa tahapan tidur. “Saat kita tidur, otak juga ‘bekerja’ karena di otak ada beberapa zat yang aktif mengatur tidur kita,” kata Rizal Do, dikutip dari akun X @afrkml, Sabtu (7/10/2023).

Jika seseorang kurang tidur maka otak tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Karena Anda terus-menerus dipaksa bekerja, dan ini menyebabkan kelelahan otak.

Dampak lain yang menyebabkan kurang tidur adalah seseorang akan lebih mudah tertidur, sulit berkonsentrasi, tidak mudah beradaptasi, sulit mengelola emosi, sulit memahami perasaan sendiri atau perasaan orang lain, serta mengalami depresi. masalah dalam pengambilan keputusan.

“Kreativitas juga bisa terganggu jika kurang tidur,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Menurut Rizal Do, salah satu kunci untuk bisa berpikir kreatif adalah mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun jika seseorang tidak bisa tidur nyenyak atau nyenyak, pikirannya menjadi kacau.

Banyak penelitian yang mengaitkan kurang tidur dengan kekebalan tubuh, sehingga wajar jika kurang tidur bisa menyebabkan seseorang mengalami demam bahkan sakit.

“Pada dasarnya banyak gangguan kesehatan baik fisik maupun psikis yang dipengaruhi oleh kualitas tidur kita,” ujarnya.

Baca Juga  Aditya Zoni Putuskan Temui Anaknya Ketimbang Hadiri Sidang Cerai dengan Yasmine Ow: Okezone Celebrity

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *