Cara menentukan olahraga mana yang cocok untuk anak, berikut penjelasan dokternya: Okezone health

Uncategorized42 Dilihat

OLAHRAGA merupakan aktivitas fisik yang perlu dilakukan. Jika rutin berolahraga, tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat. Bagi anak-anak sendiri, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kemampuan bertahan hidup, mengurangi stres dan masih banyak lagi.

Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. DR Dr. Rini Sekartini, SpA(K) mengatakan jika ingin anak menyukai olahraga, sebaiknya pilih olahraga yang tepat.

Lalu bagaimana cara memilih olahraga yang cocok untuk anak?

Dr Rini mengatakan, jenis-jenis olah raga yang ada sebaiknya dikenalkan, sehingga anak akan melihat apa yang disukainya.

“Semua cabang olahraga boleh disajikan atau ditampilkan, dimulai dari yang terdekat terlebih dahulu seperti fasilitas di rumah dan yang dipertandingkan,” kata Dr. Rini dalam webinar baru-baru ini.

Dr Rini menambahkan, biasanya jika orang tua suka berolahraga, anak-anaknya juga akan ikut terbawa suasana. Untuk itu, ia berpesan kepada para orang tua untuk tidak bermalas-malasan atau bermalas-malasan dalam mendorong anak untuk berolahraga atau beraktivitas.

“Saat pandemi, orang sering mengajar (olahraga) karena tidak bisa keluar rumah, cobalah di rumah dengan peralatan sederhana. Beri kesempatan pada olahraga, jika tidak dinikmati jangan dipaksakan. “Orang tua perlu memberi contoh, jika orang tua malas maka anaknya tidak akan bergerak,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sisi lain, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) mengatakan, sebaiknya ciptakan suasana olahraga yang menyenangkan.

“Jadikan olahraga sebagai gaya hidup sehingga Anda bisa melakukan olahraga yang paling Anda sukai kapan pun, di mana pun,” ujarnya.

Baca Juga  Asal Usul Nama Pulau Jawa Menurut Versi Berbeda, Mana yang Benar? : Perjalanan Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *